KEPADA YTH

Station Pengisi Ulang Gas LPG

Yang berukuran 3 Kg maupun yang berukuran 15 Kg

Dimana saja berada

CC-Pertamina Bidang Pemasaran Gas LPG.

Perihal: Rubber Seal / Karet Seal Tabung Gas LPG

Surat Terbuka.

Dengan segala hormat,

Dengan ini saya menghimbau kepada perusahaan Bapak, mohon kepada Bapak setiap kali mengisi ulang Gas LPG kedalam Tabung yang berukuran 3 Kg maupun yang berukuran 15 Kg karet sealnya diganti yang baru.

Dengan alasan sebagai berikut:

1-Demi keselamatan pemakai Gas yang berukuran 3 kg maupun 15 kg.

2-Sudah banyak sekali makan korban materi maupun jiwa manusia.

3-Karet seal yang berdia meter kurang lebih hanya satu Cm, harganya tidak seberapa dibanding dengan keuntungan bapak dan korban materi maupun jiwa manusia bagi pemakai gas LPG.

4-Kebocoran Gas LPG kalau benar-benar diteliti 90% ada pada Karet Seal yang sudah lembek atau sudah lunak, sudah tidak mampu menahan beban Regulator yang kuncinya hanya ada disebelah, yang mengakibatkan Regulator miring, tidak bisa datar, gas pasti akan keluar.

5-Tidak standardnya leher tabung gas, dan tidak standardnya Regulator.

Pengalaman saya:

1-Pertama Regulator dipasang kepada Tabung Gas yang baru, selama 3 tahun saya memakai tabung 15kg tidak pernah ada yang pas, selalu miring, karena kuncinya hanya sebelah.

2-Leher tabung Gas saya beri karet gelang supaya tidak miring, tidak bisa tetap gas bocor.

3-Diatasnya Ruber seal saya tambah karet ban sepeda yang sudah saya ukur, saya bentuk seperti rubber seal, tidak bisa, gas tetap bocor.

4-Setelah Regulator dipasang gas masih ngeses/ berdesis, regulator saya putar kekanan, maupun kekiri, tetap gas masih bocor. Regulator selalu miring

5-Akhirnya setelah Regulator dipasang selang gas dinaikan keatas pipa yang ¾ melingkar, dan agak diputar putar selangnya kekanan atau kekiri, baru berhenti bocor.

Menandakan bahwa karet sealnya sudah lembek, sudah kemps.

6-Bahanyanya kalau selang gas ditubruk kucing atau tikus, berubah posisi, gas akan bocor lagi.

7-Setiap mengganti botol gas yang baru, setiap pemasangan Regulator ke tabung gas yang baru, pastikan disekitar kita tidak ada yang merokok, tidak ada kompor lain yang menyala, tidak ada api yang menyala.

8-Kipas angin selalu siap dan nyala hembuskan kepada penggantian botol gas yang baru, pada waktu mengganti botol gas / regulator, atau kalau anda mau menyalakan kompor, gunanya agar gas yang bocor / keluar cepat, cepat pergi dan habis diudara/ aman.

9-Setelah beberapa sa’at, pastikan ruangan sudah tidak ada gas, baru nyalakan kompor.

10-Sekali lagi mohon dan menghimbau kepada perusahaan pengisian ulang Gas LPG, Setiap mengisi ulang Gas, Karet sealnya diganti; Karet sealnya diganti!.

11-Berapa harga karet seal, dibanding nyawa manusia.

12-Semoga anda tanggap atas himbauan saya, dan saya mohon ma’af bila anda tidak berkenan, ini hanya karena rasa kemanusiaan saya saja, kasihan sudah banyak sekali makan korban, Maaf lho saya bukan bermaksud apa-apa.

Demikian saya sampaikan, terima kasih atas perhatian Bapak-bapak.

Jakarta 10 Juli 2010

Hormat saya

Sukarman..

--
you have this email because you join to "aga-madjid" GoogleGroups.
to post emails, just send to :

Kirim email ke