Rubrik "Apa Siapa Mengapa" disingkat ASM yang mulai dibuka pada tanggal 22 Juli 2005 lalu telah sampai pada tulisan ke-10. Saya rencanakan 10 artikel sekali akan diadakan kilas balik 9 artikel ASM sebelumnya. ASM-8 dan ASM-9 saya ajukan hari ini karena selama 2 minggu ke depan saya akan absen dari forum karena sesuatu dan lain hal. Kerjaan moderasi akan dilaksanakan anggota tim moderator lainnya yang berpiket.

Pertama, ASM rencananya saya ajukan ke forum seminggu sekali, namun dikarenakan kesibukan sehingga saya sendiri tidak berani mensyaratkan pra-kondisi ini. Bila ada waktu dan bahan tentunya ASM akan muncul lebih sering. Namun bila waktu sibuk dan ketradaan bahan, maka frekuensi ASM akan jarang. Mohon maklumnya dari anggota-anggota penyimak semua.

ASM-1 sampai ASM-9 adalah sebagai berikut:

ASM-1 Kuncir (Taucang)
Mengenai sejarah berkuncir di kalangan lelaki Tionghoa, ditulis sebagai jawaban atas pertanyaan salah satu anggota.
(Sejarah)

ASM-2 Apakah benar Kwan Kong bermuka merah?
Mengenai pertanyaan mengapa Kwan Kong selalu digambarkan bermuka merah padam. Ilham pribadi setelah melihat iklan minuman di TV tentang Kwan Kong, Liu Bei dan Zhang Fei.
(Tokoh)

ASM-3 Tradisi bakar2an dalam kebudayaan Tionghoa
http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/message/13911
Ritual bakar2an yang sering dilakukan namun tidak dimengerti maknanya.
(Adat tradisi)

ASM-4 Istilah Konghu
http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/message/14037
Mengenai pertanyaan mengapa orang Kanton di Indonesia disebut sebagai orang Konghu.
(Etnisitas Tionghoa)

ASM-5 Tentang Triad
http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/message/14105
Triad, hubungannya dengan Sun Yat-sen, Chiang Kai-shek dan perkembangan mutakhir Triad. Menjawab pertanyaan seorang anggota yang heran Chiang Kai-shek pernah menjadi anggota Triad.
(Sejarah)

ASM-6 Lun Gwee: Bulan kabisat dalam kalender Imlek
http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/message/14268
Sudah sering dibahas, namun masih banyak yang belum mengetahui adanya bulan kabisat di dalam kalender Tionghoa.
(Adat tradisi)

ASM-7 Tentang vampire Tiongkok
http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/message/14477
Vampire Tiongkok, diilhami oleh tulisan Julie tentang mayat yang digiring untuk berjalan sendiri ke makamnya. Juga ada penjelasan mengenai vampire di film2 HK.
(Serba-serbi)

ASM-8 Sun Go Kong dan Hanoman
http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/message/14533
Benang merah persamaan Sun Go Kong dan Hanoman. Apakah karakter Sun Go Kong Tionghoa diilhami dari karakter Hanoman India?
(Tokoh)

ASM-9 Asal mula kata China
http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/message/14534
Kata China sering disinyalir berasal dari kata Chin dari Dinasti Qin, namun sebenarnya tidak demikian halnya. Darimanakah asal mula kata China itu?
(Sejarah)

Komposisi dari 9 artikel ini adalah 3 artikel berkaitan dengan sejarah, 2 artikel tentang adat tradisi, 2 artikel berkaitan dengan karakter tokoh Tionghoa, 1 artikel etnisitas Tionghoa. Dari 9 artikel juga, cuma 2 artikel yang tidak ada hubungan secara langsung dengan ke-Tionghoa-an di Indonesia. Mudah2an ASM tetap akan dapat saya lanjutkan dengan dukungan anggota sekalian dan dengan ini dapat memperkaya khazanah Forum Budaya Tionghua sebagai forum guna revitalisasi kebudayaan Tionghoa sebagai bagian integral dari kebudayaan nasional Indonesia.

Rinto Jiang