Pameran foto dan bukunya sih bagus. Yang mengganjal adalah kenapa orang semacam
Harry Tjan masih terus dipajang untuk menceritakan mozaik keberagaman? Kalau bu
Myra (semula saya dengar dia yang akan berbicara), masih mending karena ada
beberapa faktor koneksi yang dimilikinya (Hakka [meskipun dari Belitiung],
termasuk pemerhati budaya dan masih punya pendekatan kultural). Tapi Harry
Tjan??? Dalam pertemuan saya dengannya di CSIS, dia mengkritik habis-habisan
Aguan (Sugianto) yang mendanai gotong joli di daerah Kota dan beralasan bahwa
dananya lebih baik untuk membangun peprustakaan. Saya bilang, anda sendiri juga
punya perayaan sendiri yang juga mengeluarkan uang. Kenapa harus menunjuk orang
lain ketika empat jari lainnya menunjuk kelompoknya sendiri? Padahal yang
dipamerkan jelas adalah kebanyakan ritual Tionghoa yang bisa dibilang sekelas
dengan gotong joli. Jadi apa maksud kehadirannya? Selain itu Melly juga
sosiolog kota, dari grup pemikiran yang hampir sama dengan Harry Tjan pula.
Apakah dia memahami konteks perempuan Singkawang yang sering dikritiknya karena
kawin kontrak (Pengantin pesanan) disamakan dengan perdagangan orang, atau
setidaknya seberapa dalamnya pemahaman atas budaya Singkawang yang selama ini
justru tidak disentuhnya? Mau bicarakan apa? Jadinya tidak kontekstual.
Kalaupun bicara multikulturalisme, dalam bincang-bincang saya dengannya di
UKAJ, ternyata konsep multikulturalisme yang diusungnya berbeda dengan yang
saya dalami. Lebih ke arah liberalisme kultural.

Sayang aja, tema yang menarik terganggu oleh tema pembicaraan yang tidak
ditunjang oleh pakar mengenai keberagaman. Dari semula mendukung asimilasi,
sekarang ganti rupa menjadi multikulturalisme, tapi multikulturalisme yang
sudah disempitkan menjadi pluralisme di dalam multikulturalisme.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, bukjam <buk...@...> wrote:

> ok Pak Didi makasih atas infonya.
>
> salam,
> Bukjam