Saya beruntung mendapat hadiah buku Gavin terbitan Bantam dari temen yg
baru dari perjalanan luar negri bbrp tahun lalu (lumayan buat nambah
koleksi) , tetapi saya pribadi tidak menemukan pengaruh penting dari
karya tulis Gavin .....

1. Peta yang di ajukan Gavin itu itu meragukan
guardian : http://www.guardian.co.uk/world/2006/jan/20/china.usa
people daily :
http://english.peopledaily.com.cn/200203/07/eng20020307_91604.shtml

2.Bukti Cape Verde (Afrika Barat)  yang diajukan Gavin bukan berbahasa
chinese.

3. Hubungan antara Indian dan Chinese .
Sebenarnya benua amerika dan asia itu hanya di pisahkan oleh selat
berring (berasal dari nama vitus berring) , jaraknya kira2 setara bogor
jakarta yang jika musim dingin tiba , cukup memadai untuk di lalui
dengan perjalanan darat . Memungkinkan leluhur Indian dari daratan
Siberia Timur menyeberang ke benua Amerika. Jadi penemuan benua Amerika
itu sebenarnya bukan suatu keajaiban dunia.

4. Jika , Jika klaim Gavin itu benar seluruhnya pun , maka pengaruhnya
"china discover the world ala gavin" terhadap dunia tidak signifikan
seperti perjalanan bangsa barat bbrp puluh tahun kemudian . Nama benua
Amerika tetap Amerika (berasal dari nama Amerigo Vespucci , seorang
pelaut kelas teri menurut Emerson , dan seorang kolaburator klan medici
menurut sumber lainnya ) , di tempat dan waktu lain ,  tendangan penalti
hernando cortez meluluhlantakkan bangsa Indian , dengan brutal , dan
merubah struktur sosial politik di benua Amerika , untuk seterusnya.

5. Walau tidak adil membandingkan karya Gavin dengan hoax2 murahan lain
seperti Wong Fei Hung seorang Muslim , karya Gavin mungkin bisa di
golongkan sebagai pseudo history , seperti Santos dengan Indonesia ,
Atlantis yang hilang. Bukan suatu referensi yang serius , melainkan
suatu "rekreasi"

thx

Dada - Shinmen Takezo

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, david_ap...@... wrote:

> Aduh maap jadi repost... :)
> Sent from BlackBerry® on 3

termasuk bbrp yg ngeraguin dari tulisannya dia.
> cari aje dah

China. Panjang iring-iringannya sekitar lima ratus kaki, di bawahkomando
laksamana Kaisar Zhu Di. Tugas mereka: `berlayar hingga keujung dunia'.

kembali, China memulai pengasingan dirinya yangpanjang dari dunia luar
yang baru saja ia taklukkan. Armada yang sangatbesar itu dibiarkan
teronggok. Catatan perjalanan mereka dimusnahkan.Musnah pula pengetahuan
tentang China yang telah mengelilingi duniaseabad sebelum Magellan,
sampai di Amerika tujuh puluh tahun sebelumColumbus, dan tiba ke
Australia tiga ratus lima puluh tahun sebelumCook.

catatan luar biasa tentang perjalanan hebat Gavin Menziesdan
temuan-temuannya. Ia menjadi bukti persuasif untuk
memerkuattemuan-temuan tersebut: peta kuno, pengetahuan navigasi,
astronomi,catatan penjelajah China yang masih ada dan navigator Eropa.
Juga jejakyang ditinggalkan oleh armada tesebut.

tentang armada China yang terdampar di South Island, Selandia
Baru—buku 1421 ini menjadi sebuahkarya legendaris dan cerdas. Ia
melacak sejarah hingga mengubahpemahaman kita tentang penjelajahan
dunia. Dengan buku ini, sejarahtelah ditulis ulang

Kirim email ke