Setahu saya, dari berbagai catatan
 sejarah memang tidak tercantum adanya peristiwa kunjungan Zheng He ke
Semarang. Namun satu Hal yang perlu diingat, pada saat itu kota Semarang belum
terbentuk, belum ada namanya ! Masih merupakan pantai pinggir laut.

Ketika itu pelabuhan  yang ramai adalah di Tuban, Jepara ( bahkan kelak Belanda
baru memindahkan pangkalannya dari Jepara ke Semarang ).

Satu Hal lagi yang perlu diingat, Pecinan Semarang bermula dari daerah sekitar
Sam Po Tong. Hal ini, bisa dibuktikan dengan adanya makam Tionghoa kuno di
daerah sana yang pernah direnovasi pada jaman dinasti Qing era Qian Long.

Mengenai goa, konon yang asli berjarak 100 meter ( sekitar Phapros ) namun
sudah runtuh ketika terjadi hujan badai. Kemudian dibangun tiruannya ( sekarang
goa di bawah ). Pada tahun 2005 dibuatlah goa yang baru ( yang sekarang dipakai
).

Sejauh ini, saya belum pernah mendengar jika goa itu digunakan untuk pertapaan
Zheng He, melainkan tempat pengobatan Wang Qing Hong, yang konon ditinggal
bersama pengawalnya di tempat itu.

Pada saat pembangunan Sam Po Tong di tahun 2005 banyak ditemukan nisan Islam
masyarakat Tionghoa. Pada saat saya kecil, terdapat cerita, bahwa yang
mengajarkan rakyat pribumi Semarang puasa adalah armada Zheng He.

Sayang, sekarang klenteng Sam Po Tong telah mengalami degradasi Dan
komersialisasi. Saya sendiri terakhir ke sana saat perayaan kedatangan Zheng He
2 hari menjelang awal puasa. Tidak seramai dulu lagi.

Irawan R

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional