PELIHARALAH KEPERCAYAAN

Kemarin saya mendapat email dari seorang pengendara motor yang menabrak mobil saya hingga penyok di beberapa tempat. Saya hanya memberikan kartu nama dan tanpa meminta nomor telpon atau alamatnya. "Saya percaya pada anda!" itu yang saya ucapkan ketika dia ingin memberikan nomor telponnya. Setelah beberapa kali tidak berhasil menghubungi saya melalui telpon, karena saya sedang ke luar kota:Surabaya, Palembang, Banjarmasin, Pekanbaru dan kota kota lainnya, maka pengendara motor itu mengirim email pada saya. Begini kutipan email itu:

"Hello Pak Hari, Saya Singgih, yang ketemu di kalimalang kemarin saya ingin mengirim , sebagai tanggungjawab saya krn telah terjadi kecelakaan  hari ini, jum'at , saya sudah coba hubungi Bapak tapi tidak pernah bisa ketemu ke Bapak

Saya minta maaf atas kejadian kemarin, krn saya juga kaget dgn munculnya sepeda motor yang lain, selain itu juga , biarpun saya sudah coba mengerem tetapi ternyata, disitu ada banyak air yang membuat jalan jadi licin sekali lagi saya minta maaf..............."

Atas kejadian itu saya teringat atas sebuah kisah menarik. Begini cerita singkatnya:

Kisah sebuah desa yang selalu tercekam dengan polah seorang raksasa pemangsa manusia. Anehnya lagi Sang Raksasa ini hanya memakan gadis perawan. Setiap bulan Raksasa ini meminta persembahan seorang gadis dari kampung ini untuk dijadikan santapan. Kepala kampung menjadi sangat sedih, karena gadis-gadis di desa ini sudah mulai habis dimangsa Sang Raksasa. Kepala kampung ini sangat kawatir, karena sebentar lagi anak gadisnyalah yang mendapat giliran.

Anak kepala kampung ini sangat cantik dan patuh pada orang tuannya. Suatu saat pernah dianjurkan untuk melarikan diri dari kampungnya, namun dia menolak karena tidak mau berkianat pada teman-temannya yang sudah menjadi santapan Sang Raksasa. Dia memilih untuk setia, dia tidak ingin nama orang tuanya tercemar karena menolak untuk dijadikan persembahan.

Singkat cerita, tiba giliran sang gadis anak kepala kampung ini untuk dijadikan persembahan. Gadis ini di tempatkan disuatu tempat yang biasa di jadikan tempat persembahan. Waktu yang ditentukan Sang Raksasa dengan wajah garangnya muncul dan mengambil anak gadis kepala kampung. Seluruh warga menangis haru atas keiklasan dan keberanian anak gadis kepala kampung itu. Kepala kampung pun bersedih bercampur dengan bangga atas sikap anaknya.

Gadis itu dibawa ke gua tempat tinggal sanga Raksasa. Raksasa menjadi terheran-heran, karena anak gadis itu tidak meronta dan menangis, bahkan malah tetap tersenyum pada sang raksasa. Gadis itu bersikap baik pada sang raksasa dengan menyiapkan masakan dan minuman untuk sang raksasa.

"Heii anak gadis, kenapa kamu tidak takut dan bersikap baik padaku, sedang kau tahu kamu akan mencjadi santapanku?" Sang Raksasa bertanya keheranan.

"Tuan Raksasa yang baik. Aku menyadari, sebenarnya tuan adalah raksasa yang baik, kalau tidak memakan manusia, tuan akan makan apa untuk tetap hidup? Untuk itu aku iklaskan diriku mati untuk menjadi santapan tuan." Jawab sang gadis dengan tenang dan tetap tersenyum dan ramah tanpa menunjukan rasa takut dan ngeri.

Sang raksasa mengeryitkan dahinya. Kata-kata gadis ini benar-benar menyentuh hatinya. Biasanya Sang Gadis baru akan disantap persis pada saat bulan purnama, sedang bulan purnama masih 9 hari lagi. Melihat sikap sang gadis yang baik, sang raksasa mengijinkannya untuk pulang ke kampung dan pada saatnya nanti Si gadis harus kembali ke gua, dimana sang raksasa tinggal.

"Terima kasih tuan, saya akan kembali kesini satu hari sebelum bulan purnama." Pamit sang gadis pada Sang raksasa.

Gadis itupun meninggalkan gua menuju kampung tempat orang tuanya tinggal. Ketika sampai di rumah sang Gadis disambut dengan suka cita. Penduduk kampung menjadi bingung, karena selama ini tidak ada yang pernah berhasil kembali dan menjadi santapan sang raksasa. Sang Gadis menceritakan kejadian pada orang tuanya, bahwa nanti sehari sebelum bulan purnama, dia harus kembali ke gua tempat sang raksasa tinggal.

Dengan perasaan sangat sedih untuk yang kedua kalinya, mereka melepas sang gadis untuk kembali ke gua. Lambaian tangan perpisahan itu jauh lebih mengharukan, sekaligus lebih membanggakan.

Sesampainya di gua, sang gadis di sambut oleh sang raksasa dengan ramah. Sang raksasa ini begitu kagum dengan sikap sang gadis dan bertanya "Hai anak gadis, kenapa kamu kembali ke guaku sedang aku telah memberimu kesempatan untuk melarikan diri dariku?"

"Tuan telah memberi kepercayaan padaku, maka aku harus menjaganya. Sedang dalam hatiku sebenarnya juga telah aku berikan kepercayaan pada tuan, kalau tuan bisa bersikap ramah pada penduduk kampungku. Kami bisa memberikan Kambing bakar atau kijang untuk tuan sebagai pengganti. Karena tuan juga harus tetap hidup dan makan."

Sang raksasa menangis mendengar jawaban sang gadis. Singkat cerita Sang raksasa menjadi sahabat penduduk kampung dan tidak lagi meminta korban, setiap bulan purnama.

Sahabat sukses, coba anda ingat kembali perjalanan hidup anda! Perjalanan karier anda! Perjalanan keluarga anda. Pernahkan anda di beri kepercayaan untuk melakukan sesuatu? Apakah anda menjaganya dengan baik seperti gadis anak kepala kampung yang di beri kepercayaan oleh sang raksasa? Atau anda malah melarikan diri? Apakah anda juga bisa dipercaya seperti pengendara motor yang tetap menghubungi saya, walaupun saya memberi kesempatan padanya untuk tidak bertanggung jawab?

Kepercayaan adalah sesuatu yang sangat berharga dalam sebuah kehidupan. Jika anda adalah pribadi yang bisa di percaya, maka anda adalah pribadi yang sangat mudah mendapatkan kesuksesan. Anda akan mendapatkan banyak peluang, anda akan mendapatkan banyak tawaran, anda akan mendapatkan banyak sekali rekanan-rekanan.

Sahabat sukses, apapun risikonya kepercayaan yang diberikan kepada anda, hendaknya dipelihara dan dijaga dengan baik. Ditumbuhkan dan dikembangkan agar anda bisa menjadi lebih besar, karena orang akan yakin memberikan sesuatu yang lebih besar, tugas yang lebih besar dan tentu kesuksesan BESAR akan menjadi milik anda.

Ok ! Sahabat sukses, selamat berjuang. Hidup hanya sekali dan harus diisi dengan hal-hal yang positif. Masa lalu boleh anda kunjungi, namun jangan anda tinggal disana. Masa depan penuh harapan adalah tempat yang harus kita tuju. Mari kita berjuang bersama untuk diri, keluarga dan bangsa ini. Merdeka!

Weather radio station Radio station promotion Christian radio station