Pada hari Jumat, 04 Februari 2005 17:11, Indra K. Hartono menulis:
> I. Biaya Operasional (gross minimum) rata-rata perbulan, yaitu
>    berkisar Rp. 49.595.850
........deleted.........

> Dengan kata lain, kami berencana untuk menurunkan biaya domain .ID
> yang berlaku efektif sekarang, yaitu sebesar Rp. 150.000,-
> ke dalam tingkat kisaran biaya Rp. 85.000,- hingga Rp. 105.000,-
> dimana kalkulasi ini belum memasukkan unsur PPN 10%.
>
> Kami harapkan ada respon yang konstruktif baik berupa usul, kritik,
> maupun saran lainnya dari seluruh khalayak milis ini atas rencana
> penurunan biaya domain .ID (baik biaya registrasi dan tahunan).
>
> Kami tunggu partisipasi anda atas pertanyaan berapakah biaya
> domain .ID yang ideal menurut usulan anda?.

Mohon maaf, baru sempat me-reply sekarang, karena baru pulang dari seberang
lautan :-(

Usul saya, harga domain tidak usah ditentukan.
Biaya di atas (50 juta) langsung dibagi ke registrar, misalnya Rp. 5
juta/bulan kalau ada 10 registrar. (Kalau cuman mau 5 registrar ya berarti 10
juta/bulan/registrar).

Dengan cara ini, maka harga domain di end-user bisa turun drastis.
Kalau si registrar hanya mampu mendapatkan 100 domain (baru dan perpanjangan)
per bulan, mungkin harga jual ya kurang lebih seperti dugaan Pak Indra (85rb
- 150rb). Tapi kalau sang registrar yakin bisa mendapatkan lebih banyak
domain (baru & perpanjangan), harga domain bisa turun drastis.

Untuk bisa mendapatkan tambahan domain, maka sang registrar tentu saja
**terpaksa** melakukan segala jenis strategi marketing mereka, yang
ujung-ujungnya sangat menguntungkan IDNIC, yaitu mempopulerkan penggunaan
domain .ID.

Harga domain tidak akan naik melampaui harga sekarang, selama ada minimal satu
registrar (misalnya IDNIC atau APJII) yang berkomitmen untuk menjual dengan
harga lama (atau lebih rendah).

--
Salam,

Adi Nugroho
PT. iNterNUX -- Internet Service Provider
Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 53-J Makassar
Tlp. +62-411-834690 - Fax. +62-411-834691

Note: Dugaan saya, kalau sudah ada registrar, maka biaya IDNIC bisa menurun,
tidak 50jt sebulan lagi. Dugaan ini benar gak yah?

Kirim email ke