saya sepakat dengan bung detta seperti yang dinyatakannya di bawah e-mail
ini :)
sepemahaman saya, di luar negeri pun sudah banyak ISP yang menawarkan paket
"keluarga" ini....
jadi kita bukan memaksa ISP untuk memfilter, tetapi memaksa ISP untuk
memberikan "pilihan" kepada konsumennya.
inilah yang disebut dengan ISP yang peduli konsumen dan safety-minded
(seperti telah diterapkan di luar negeri).

jadi kita tidak membatasi konsumen, tetapi justru mencoba "mengadakan"
alternatif yang bisa dipilih konsumen.
selama ini khan sudah jelas, siapa yang "memaksa" atau "tidak memberikan
pilihan" kepada konsumen. ya ISP itu sendiri. apa yang mereka jual hanya
satu jenis saja. yaitu akses internet tokh! mau dipake orang dewasa kek, mau
dipake anak2 kek, mau dipake keluarga kek, mau dipake sekolahan dan
pesantren kek, masa bodoh :D

jadi sementara ini langkah yang saya inginkan adalah sbb:

1. membuat situs yang berisi informasi tentang internet sehat, teknik filter
PC, dll. ya kurang lebih seperti di
http://www.connect.gc.ca/cyberwise/ atau http://www.getnetwise.org/tools/

2. membuat brosur Internet Sehat untuk dititipkan kepada semua ISP di
indonesia. brosur tersebut berisi informasi tentang situs2 positip, situs2
pendidikan, teknik filtering PC rumahan dan alamat situs internet sehat.
setidaknya 1 ISP dititipi 100 brosur tersebut. kalau ISP tersebut berminat
atau brosur tersebut kurang, bisa diperbanyak sendiri atau diganti2 modelnya
sendiri.

3. lalu setelah semua ISP dapet brosur2 itu, dilanjutkan dengan pasang iklan
layanan masyarakat di beberapa media massa. intinya berbunyi, "ayo, jangan
takut kenal internet. caranya mudah kok... blablablablabla.... kalau takut
sama konten negatif atau hal2 yg gak baik buat anak/keluarga anda, tanyakan
kepada ISP anda cara mencegahnya atau dapatkan brosur2 Internet Sehat di
ISP-ISP seluruh indonesia

4. mudah2an orang2 atau keluarga2 yang mulanya ragu kenal dengan internet,
mereka akhirnya mendapatkan penjelasan dan teknik2 untuk mencegah situs2
negatif di rumah tangga mereka. sukur2, langkah berikutnya akan diikuti oleh
ISP dengan menawarkan semacam paket keluarga. sehingga semakin terciptalah
rasa aman yang tidak semu bagi keluarga. sembari itu, harus disiapkan sekian
ratus brosur untuk setiap saat dikirimkan via pos kepada pihak2 yang meminta
dan membutuhkannya.

5. langkah berikutnya adalah dibuat pula semacam poster yang akan disebarkan
ke warnet2. intinya hanya menyatakan bahwa banyak situs positip di internet,
dll. yah himbauan moral deh, buat penggunanya. soalnya mungkin tidak banyak
yah warnet yang mau peduli dengan internet sehat. jadi yang kita himbau yah
pelanggannya.

tentu saja, seluruh upaya di atas tersebut membutuhkan biaya yang tidak
sedikit. terus terang saya sempat kepikiran untuk di outsourcing saja ke
pihak luar yang bersedia bekerja sosial. cuman takutnya, nanti saya dianggap
bermain proyek atau tender2an. jadi sementara ini saya mikir2 jalan
terbaiknya bagaimana. apakah mungkin saya cari sponsor dan kerjakan saja
sendiri, lalu saya bertanggung jawab dan pasang badan untuk transparansinya.
saya selalu siap dihubungi kapan saja apabila ada yang mau membantu dalam
bentuk apapun :)

nb:
tentu saja kelima langkah tersebut tidak cukup. beberapa cara akan terus
dicoba dan dilakukan untuk meningkatan penetrasi internet di indonesia
secara "sehat". bisa dengan cara bekerjasama dengan institusi pendidikan,
memberikan pelatihan2, penyuluhan, dll dll hal yang mungkin untuk
dilaksanakan. beberapa rekan2 yang peduli konsumen, telah menyatakan
mendukung program ini. salah satunya adalah ISP TelkomNet Instan yang akan
bergerak ke SD-SD untuk memberikan informasi tentang sisi positip dan
manfaat Internet, baik untuk si anaknya maupun orang tuanya (keluarga). lalu
APJII bersedia bantu2 kasih dukungan pula. bantuan ide, bantuan aksi maupun
bantuan lainnya sangat diharapkan :)

terimakasih sebelumnya, mudah2an bermanfaat....

-dbu-