[Adi Nugroho]

'mbaca tulisan "non teknis" di hompej-nya Pak Made(lupa url-nya), aku
jadi teringat antara pola pikir closed source yang "aku dan mereka", dan
pola pikir GPL yang "kita semua".
Para SysAdmin udah bersatu di milis ini berbagi ilmu, yang sebelumnya
mesti dibayar baru mau bagi ilmu (dalam kursus atau pelatihan lainnya)

Satu yang belum, para produsen dan penjual CD belum bergabung jadi satu.
Kalau sebelumnya semua riset sendiri-sendiri, reinventing the wheel,
IMHO sekarang bisa bersatu. So, tidak perlu semua orang men-download
software / distro baru atau bug-fix yang sama. Diatur/digilir aja.

Begitupun dengan importir distribusi.
Daripada semua sibuk mengimpor, nanti "volume discount"nya cuman jadi
sedikit.
Kalau bersatu, volume-nya khan bisa naik, discount naik, dan
ekor-ekornya, harga turun :-)

Aku belum tahu tentang para developer software.
Apakah masih reinventing the wheel, atau sudah bersatu.
Syukur-syukur bakal ada "KPLi Linux" atau "Linux for Warnet", he he
he...

Salam dari negeri Makassar,

Adi Nugroho