On Friday 19 April 2002 00:03, ZEN el GUAY wrote:
> Soalnya media pun nulisnya bukan ttg sertifikasi Linux-nya tapi Yayasan
> Linux Indonesia... Pdahal inti-nya bukan di yayasan tapi di sertifikasi,

Yups.
Yang bikin YLI jadi diskusi panjang dan ramai, aku kira bukan soal
sertifikasinya.
Perlu tidak perlu, sertifikasi sebaiknya jalan terus.
Bagaimanapun, minimal 1-2 orang perlu sertifikasi.

Yang bikin masalah, menurut aku, ya memang nama "YLI"-nya, dan keterlibatan
KPLI-nya. (Maksudku KPLI, bukan KPLI anu).
Menyandang nama "Indonesia", mestinya mewakili dari sabang sampai Merauke.
Dan ini jelas sulit, karena setiap KPLI mempunyai visi dan misinya
masing-masing. Ada KPLI yang lebih suka jalan pelan-pelan daripada jadi
organisasi berprofit. Ada juga yang sebaliknya. Mungkin malah ada yang
lebih suka ngerumpi :-)

Ini terlepas dari kondisi Indonesia yang memang mendukung hal itu.
Bukankah di Indonesia, satu-dua orang Jakarta berkumpul, sudah berhak
mengatas-namakan Indonesia :-)
Dan ini terbukti di mana-mana.

Mudah-mudakah, Komunitas Linux tidak seperti itu.

Usul kongkrit:
Mari kita mencontoh Infolinux.
Begitu ada usul bikin Majalah Infolinux, mayoritas langsung mendukung, karena
memang Infolinux tidak bermaksud mewakili siapa-siapa, tapi "cuman" ingin
berbuat baik.

So, sertifikasi jalan terus, tapi mohon, jangan bawa nama "Indonesia".
Tanpa nama "Indonesia", justru akan mengangkat nama Indonesia/komunitas Linux
di Indonesia, karena menampilkan karya nyata, tanpa "nebeng".

Kita bisa pakai nama, "Sertifikasi Linux anu", "Yayasan Anu", dll.

Seperti Infolinux yang langsung bersaing "melawan" majalah Chip, mikrodata,
dll, begitupun sertifikasi ini akan langsung bersaing melawan
sertifikasi-sertifikasi lainnya, baik sertifikasi yang berdasarkan distro,
berdasarkan lembaga pendidikan/kursus, maupun sertifikasi-sertifikasi lainnya.

Kalau dengan cara demikian, aku yakin, sertifikasi kita yang baru ini akan
lebih mudah diterima, dan tertantang untuk berkembang.

Salam,
Adi Nugroho
Note: Kalau pilih nama sertifikasi Linux mestinya menunjuk ke "kernel".