On 17-Mar-2004, Frans Thamura wrote:
> gimana kalau urusan ginian diserahkan ke team di KPLI juga
> jadi bandung.linux.or.id itu dibawah jawabarat.linux.or.id
> ini peta yang diajukan untuk JUG World Wide, :)
> June akan didiskusikan oleh JUG leader seluruh dunia
> kita menyebutnya Community Directory Map
> saya rasa ini bagus, kali aja ada salah satu team disini yang mau buat
> hiperboid KPLI.
> bisa lihat treenya secara global
> dari linux.or.id ke bandung.linux.or.id terus jabar, jaksel, sumut,
> kalbar etc

Kalo sekedar map di _website_ doang, bisa dibikinin gampang. Yang jadi
pertanyaan itu lalu apa gunanya yg macam jawabarat.linux.or.id itu?
Siapa yg ngurus?

> kita menyebutnya Community Directory Map

Saya lebih tertarik dengan concrete ideas daripada namanya.

Satu hal yg membuat saya reluctant utk belajar java pertama kali dulu
adalah banyaknya istilah2 dan nama2 yg bejibun utk menjelaskan konsep2
dan project2nya. Coba aja masuk ke jakarta.apache.org trus liat nama2
projectnya, tomcat, cactus, velocity, struts, avalon, coocoon,
commons, combro, curut dan cungkring, belum lagi istilah2 lain yg umum
seperti j2se, j2ee, xml, jsp, servlet, portlet, jcp, jsr, jdbc, el,
dan lain2nya. Emang harus banyak baca bener kalo mau belajar yg
complex seperti "java enterprise" ini.

Yah saya rasa mirip lah seperti Indonesia, banyak nama dan akronim yg
bikin saya bingung dan geleng2 kepala, seperti nama2 departemen dan
instansi pemerintah yg cenderung dibuat jadi akronim (depnaker,
dephut, setneg, hankam, polkam, kimpraswil, butet,
sumpralakitujaminiliawi, cmiiw, ymmv, ianal, rtfm, hth, lol dan
rotfl). We don't know what they do but we hear their names a lot :)

Ronny