2010/11/12 avudz <avud...@gmail.com>:
> +++ RPJM = Rencana Pembangunan Jangka Menengah
> RKP = Rencana Kerja Pemerintah
> RKAKL = Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga
> DIPA = Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran

Thanks !

Kalau RPJM sudah menjadi publik dan bisa diakses di Web ... bagaimana
dengan turunan dari RPJM ini baik RKP, RKAKL, DIPA dll ?
Bagaimana mendapatkannya ?

Sebagai RPJMN memang itu baru cetak biru, realisasinya biasanya
pejabat-pejabat kementerian, lembaga dan pemda berkoordinasi dengan
Depkeu difasiliasi Bappenas melakukan rapat-rapat untuk penganggaran
per unit kerja ?

Yg "Open Source" so far baru RPJMN ini ... saya istilahkan "open
source", krn memang ini juga "code-code" tetapi bukan bahasa PHP, C,
Perl, Phyton atau Java dan Android ... tetapi "program pemerintah" ...
Dan mirip dengan Open source seperti Firefox, mySQL, Open office ...
hanya yang "mempunyai kekuatan" yang bisa memanfaatkan open source ini
dan "ikut" mengubahnya ... lebih dari 99% cukup sebagai pembaca atau
pengguna dan bahkan TIDAK PERNAH melihat source codenya ...

Terkait RPJMN semoga kawan-kawan "mempunyai kekuatan" untuk "terlibat"
dalam dinamika dari program yang sudah di-open sourcekan ini ...
cuma entah bagaimana ...

Show me your ideas ... kawan :)

Pada tataran minimal, kita TAX PAYER, yang membayar pajak yang
akhirnya akan mengalir ke proyek-proyek pemerintah ... jadi duit itu
duit KITA ... BLT itu kita yang bagi-bagi, bukan SBY atau Partai
Demokrat apalagi Golkar, PDIP dan partai politik lain LOH ... Minimal
kita berharap lebih banyak program pemerintah yang menjadi "open
source" ...