Maaf nyambung cerita, yang dimaksud om Adnan disini database uptodate, karena
kasus kmarin justru malah ada yang ngaku2 dari KPLI daerah tertentu tapi
KPLInya sendiri sebenarnya tidak ada atau mungkin dulunya pernah ada tapi sudah
mati (ane kurang tau mana yg lebih tepatnya)  Jadi bisa dikatakan "KPLI"nya
waktu itu disebut2 cuman karena ngejar proyek pelatihan aja, biar lebih
meyakinkan pdhl realitanya KPLI tersebut tidak pernah ada alias track recordnya
tidak jelas.

Mungkin lebih pasnya adalah database ter-up-to-date KPLI yang eksis dan dapat
di pertanggungjawabkan (definisinya bukan badan hukum yang ditekankan disini,
tapi KPLI yang memiliki program dan track record kegiatan yang jelas dan bisa
dijamin dibentuk buat kepentingan kemajuan OSS, bukan dibentuk cuma sekdar
pengen mengejar proyek aja.) Percuma jg ada badan hukum tapi penekannya lebih
ke arah keuntungan semata, dibanding memperkenal OSS itu sendiri.

Mungkin ide ini terlihat terlalu muluk, namun apabila kita bisa bersama2
mewujudkan hal ini tentu akan mempermudah instansi pemerintah baik pusat atau
daerah untuk melakukan sosialisasi dan migrasi ke oss. Sehingga tidak jatuh
ketangan yang salah, yang mungkin bukan saja gagal mengenalkan oss malah
memunculkan padangan miring & kesalahpahaman tentang oss.

Dari data KPLI di wiki sendiri tentunya akan ada perbedaan dgn skarang, karena
dalam rentang waktu sejak dibuat wiki tersebut KPLI yang tumbuh maupun yang
mati tentunya silih berganti.

--
A. Hardiena
www.ahardiena.web.id