2011/9/17 ahn njung <ariad...@gmail.com>:

> Pak nana, bisa di share atau ngasih link referensi penggunaan IGN oleh
> teman-teman yang menggunakan IGN? (selain milis)
> Terutama cerita temen-temen pas install IGN, trouble yang terjadi
> ketika instalasi atau ketika menggunakan IGN, dan yang pasti cerita
> temen-temen lancar menggunakan IGN untuk beraktivitas/bekerja
> sehari-hari.
> Jadi bisa untuk referensi pengguna baru IGN :)

Berikut cerita-cerita serius dan ringan,
saya banyak pakai " :) "

Info penggunaan ini tersebar di beragam tempat dan situasi,
saya menyebutnya bukan trouble, namun sebagai
tantangan dan potensi untuk melakukan perbaikan di versi
berikutnya atau menulis panduan baru atau panduan yg lebih baik.

Info paling banyak muncul dan dapat diserap antara lain saat:
1. Workshop yg di lab komputer
2. Workshop di aula dengan peserta membawa notebook/netbook,
   bahkan ada peserta yang membaca PC dari rumah.
3. Tulisan di blog pengguna IGN
4. Komputer untuk peserta seminar.
5. Info dari pengguna di milis, facebook, surel, ngobrol dsb.

Berikut hal-hal yg muncul dari situasi tersebut di atas:
1. Lab komputer biasanya punya PC dgn beragam kondisi.
   IGN gagal booting, karena... CD ROM rusak

   Satu pengalaman lagi, booting lancar dari CD ROM,
   namun tak dapat dipasang ke harddisk, bingung beberapa saat,
   ternyata kabel IDE harddisk sebelumnya dicabut asisten lab :(

2. Notebook peserta workshop dgn spek tinggi,
   Prosesor i5 RAM 4 GB, instruktur hanya pakai netbook :)
   Solusi: saat workshop, untuk peserta tsb diganti dgn kernel-PAE

   Notebook seorang peserta kebalikannya, CD ROM rusak,
   tak ada seting BIOS "Boot from USB"
   Solusi: LiveUSB diformat sehingga dapat memakai
   "Boot from external drive"

   Hal lainnya terkait instalasi ke harddisk:
   a. notebook hampir penuh, resize perlu waktu
   b. sulit buat partisi extended di harddisk
   c. setelah instal IGN, windows tak jalan,
      diserahkan ke peserta untuk instal ulang XP :)
   d. peserta asik coba gcompris

3. Dari blog pengguna IGN antara lain:
   a. Pakai IGN versi lama di komputer jadul dengan printer LX-300
   b. "Ternyata buat LiveUSB gampang, dan booting cepat banget"

4. Panitia sewa notebook dari tempat yg biasanya hanya kenal Windows,
   Berhubung kegiatan seminar terkait open source, maka harus pasang IGN,
   wifi tak dikenal. Sudah diberi panduan via telepon tetap tak paham.
   Terpaksa saya harus ke Bali untuk pasang driver wifi :)

5. Beragan info:
   a. Pernah bawa notebook yg dipasang IGN ke Istana Negara,
      sayang tak dapat kesempatan untuk menunjukkan ke SBY,
      karena acara utamanya bukan tentang IGN :)
   b. Ada pejabat tinggi (menteri, stap ahli, deputi, asdep,
      eselon 2, 3 dan 4) pakai IGN
   c. Ada ibu-ibu yg pakai IGN. Yg masih gadis jg ada yg pakai IGN :)
   d. Menunjukkan proses instal dan penggunaan sampai selesai ke
seorang menteri.
   e. Harus bertanggungjawab membereskan mail client di IGN.
      Evolution tersendat, satu berkas telah membesar sampai
      sampai 2 atau 4(?) GB. Agak grogi, karena penggunanya
      orang penting, salah solusi, bisa kacau reputasi :)
   f. Senang ada pengguna yg happy
      "Media player yg di IGN lebih lancar putar video
      dibanding di Windows"
   g. Harus sabar saat ada pengguna minta bantuan yg
      tidak jelas masalahnya.
      "Saya instal IGN kok tidak berhasil?"
      Hampir mau dijawab: Komputer sudah dinyalakan? :)
   h. Harus sabar saat ada "Mengapa IGOS tidak dipakai di semua
      Instansi"
      "... hei... itu urusan pembuat kebijakan, bukan urusan IGN"
   i. Terakhir, pak Rusmanto pernah pakai IGN :)

Sementara sekian dulu.

Upaya yg saat ini belum selesai terkait hal ini adalah
membuat foto galeri. Foto-foto kegiatan terkait IGN
masih nongkrong di harddisk.

---
Nana Suryana | http://suryana.or.id/ | http://twitter.com/na2sr/ |
http://facebook.com/suryana/