Pada Tue, 27 Sep 2011 09:46:10 +0700
resu xunil <xunilr...@gmail.com> menulis:

> Untuk masalah ini detailnya, sedang saya tanyaken juga ke Pak
> Rusmanto, karena saya dapet info ini, dari slentingan kicauan burung
> kecil(tidak akurat), lha monggo kalau bapak sedikit kurang sabar(kalau
> sudah sabar, saya mohon maap), silahkan kontak ke beliau pak. Kalau
> teman chatting tadi malam, bilangnya 20 jutaan itu kemungkinan untuk
> biaya menyelenggarakan konferensi tiap tahun. Sekali lagi
> MKJSSS(Mohon Koreksi Jika Saya Salah Sekali), data akurat belum saya
> pegang pak. Dan setahu saya pengembang itu dibayar 2M pak(Makasih
> [...]

Untuk biaya, sepertinya pak Sofyan lebih tau dari pada pak Xunil
karena pak Sofyan termasuk manusia generasi pertama BlankOn. (@Pak
Sofyan : kapan mau bantuin blankon lagi pak? apa harus nunggu balik
ke .rpm?)

Setahu saya, nilai 20jt-an itu sumbangan sponsor. Dana sebenarnya
jauh lebih dari itu. Pakai ilmu akal-akalan, hitung biaya pembelian
beberapa server, colocation/bandwith, biaya promo (walau sedikit),
biaya riset, dsb.

Selama ini beberapa pengembang yang membayar pengembang sendiri,
beberapa didukung oleh kantor tempat bekerja para pengembang. Beberapa
server juga dibeli dari uang jajan para pengembang sendiri. Aneh tapi
nyata.