Saya ingin mengajak adik-adik yang masih duduk di SMU/SMK agar mulai
belajar terlibat ke open source,
melalui penerjemahan. Sebagai penyemangat, barangkali hadiah atas
keikutsertaan acara Google CodeIn
cukup menarik bagi mereka.

Tahun 2011, saya mengajak anak beberapa kenalan untuk ikut Google
CodeIn melalui SMS. Ada satu
orang yang ikut, walaupun bukan di penerjemahan. Saya juga mengumumkan
acara tersebut melalui
posting di blog, tapi tidak terukur efektivitasnya.

Nah untuk tahun 2012 ini, saya ingin mencoba lebih proaktif dengan
mengunjungi target potensial,
yaitu SMU dan SMK. Mungkin saya bisa memberikan presentasi ke beberapa
sekolah di Bandung
atau Jakarta. Apakah ada yang punya kontak guru SMU/SMK yang bisa saya
hubungi untuk
presentasi tersebut?

Mengingat bahwa penerjemahan ini memerlukan penguasaan bahasa Inggris
dan bahasa Indonesia
yang cukup, saya pikir paling tidak di tahap awal, target dibatasi
dulu ke SMU yang SBI [1]
dan SMK TI.

Apakah ada yang punya ide lain agar penerjemahan aplikasi open source
khususnya [2], dan
pengembangan open source pada umumnya, bisa merekrut lebih banyak tenaga baru?

Terima kasih.

1. http://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_bertaraf_internasional
2. http://i15n.org/GNOME/Rencana#Outreach_melalui_Google_CodeIn