Pak Akmal dan sidang palanta yang saya hormati,

Saya setuju dengan Pak Syaff Al bahwa pertanyaan Buya JB dan uraian Pak
Akmal sangat pas menjadi artikel pembuka dalam rubrik Agama di web
RantauNet. Terlebih, topiknya terkait penciptaan manusia yang sebagaimana
uraian Pak Akmal patut diingat oleh setiap manusia agar kita dijauhkan dari
sifat sombong. Ibaratnya, web RantauNet dimulai dengan kesadaran untuk
mengingat posisi manusia sebagai hamba terhadap Allah Ta'aala.

Konteks ayat-ayat tersebut sebagai peringatan bagi manusia sejalan dengan
penjelasan al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah dalam tafsirnya untuk QS
an-Nahl 16 ayat 4  (yang artinya):

"Dia telah menciptakan manusia dari mani, tiba-tiba ia menjadi pembantah
yang nyata."

Beliau membawakan hadits dari Busr bin Jahasy radhiyallahu 'anhu yang
diriwayatkan oleh al-Imam Ahmad dan Ibnu Majah berikut:

[arti diambil dari: http://abuzuhriy.com/tentang-sedekahinfaq/; cetak tebal
dari saya untuk menekankan bagian yang terkait masalah air ini]
---
Pada suatu hari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam meludah di telapak
tangannya, lalu beliau meletakkan jarinya di atas telapak tangannya
tersebut seraya bersabda:

قَالَ اللَّهُ ابْنَ آدَمَ أَنَّى تُعْجِزُنِي وَقَدْ خَلَقْتُكَ مِنْ مِثْلِ
هَذِهِ

“Allah telah berfirman: ‘*Wahai anak Adam, bagaimana kamu menganggap-Ku
lemah sementara Aku telah menciptakanmu dari keadaan seperti ini!?*

حَتَّى إِذَا سَوَّيْتُكَ وَعَدَلْتُكَ مَشَيْتَ بَيْنَ بُرْدَيْنِ
وَلِلْأَرْضِ مِنْكَ وَئِيدٌ

Lalu ketika Aku telah menjadikanmu berwujud dan kuat, kamu berjalan dengan
pongahnya sambil mengenakan burdah (pakaian luar sejenis jubah)!!

فَجَمَعْتَ وَمَنَعْتَ حَتَّى إِذَا بَلَغَتْ التَّرَاقِيَ قُلْتَ أَتَصَدَّقُ
وَأَنَّى أَوَانُ الصَّدَقَةِ

Maka kamu mengumpulkan harta dan menghalangi (orang lain dari memperoleh
haknya) hingga bila nyawamu telah sampai di dada, engkau berkata, ‘Aku
hendak bersedekah.’ Maka kapan waktu untuk bersedekah itu? ‘”

---

Mengenai hadits ini, al-Hakim mengatakan bahwa ini hadits shahih isnadnya,
dan adz-Dzahabi menyepakatinya.
Hadits ini juga dibawakan Ibnu Katsir ketika menjelaskan QS Yaasiin 36 ayat
77 (yang artinya): "Dan apakah manusia tidak memperhatikan bahwa Kami
menciptakannya dari setitik air (mani), maka tiba-tiba ia menjadi penantang
yang nyata!"

dan QS al-Mursalat 77 ayat 20 (yang artinya): "Bukankah Kami menciptakan
kamu dari air yang hina?"

Beliau menjelaskan bahwa manusia lemah dan tidak sebanding dengan kekuasaan
Allah 'Azza wa Jalla.

Demikian tambahan saya dari apa yang saya baca tentang masalah ini, Pak
Akmal.

Kemudian, saya berharap untuk tidak disebut sebagai ustadz, Pak Akmal. Di
satu sisi saya berharap bahwa Allah Ta'aala menjadikan saya sebaik yang
disangkakan orang lain, di sisi lain saya menyadari bahwa saya tidak pantas
atas sebutan tersebut.

BTW, berhubung kita telah memasuki bulan Dzulhijjah, yang berniat untuk
berqurban perlu mengingat agar tidak memotong rambut dan kukunya selama 10
hari pertama Dzulhijjah sesuai sabda Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa
Sallam (yang artinya):

“Apabila telah masuk sepuluh pertama Dzulhijah, dan kalian ingin
menyembelih qurban maka janganlah dia memotong rambut dan kukunya
sedikitpun.” (HR. Muslim).

[lihat:
http://www.konsultasisyariah.com/orang-yang-memotong-kuku-sebelum-menyembelih-qurbannya-tidak-sah/
]

Allahu Ta'aala a'laam.

Wassalaam,
--
Abu 'Abdirrahman, Ahmad Ridha bin Zainal Arifin bin Muhammad Hamim
(l. 1400 H/1980 M)