Assalaamu'alaykum warahmatullahi wabarakaatuh,

Warga palanta RantauNet yang saya hormati,

Sudah agak lama saya tidak posting, tetapi saya tetap membaca-baca banyak
posting di palanta. Ada sebagian posting yang saya yakini berniat baik,
tetapi saya khawatir kurang berhati-hati.

Dalam mukadimah kitab shahihnya, Imam Muslim rahimahullah meriwayatkan
hadits yang artinya:

"Cukuplah seseorang dikatakan pendusta jika ia menyampaikan semua yang
didengarnya."

Pernyataan tersebut juga diriwayatkan sebagai ucapan shahabat.

Juga, kita diperintahkan untuk bersikap adil walaupun terhadap orang yang
kita benci, termasuk ketika kebencian karena Allah Ta'aala.

Allah Azza wa Jalla berfirman yang artinya:

"Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu
menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan
janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu
untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat
kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha
Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Maidah 5: 8)

Semoga Allah Ta'ala menjadikan kita orang yang senantiasa adil dan bertaqwa.

Mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan. Wabillahit taufiq.

---
Ahmad Ridha (l. 1980 M/1400 H)