Assalamu;alaikum Wr.Wb.

Pak Yanto Jambak  ,yang sangat pandai membuat GURINDAM .
sungguh bagus gurindam yang dibuat dimana semua berakhiran  i .saya sangat
tertarik sekali  dengan gurindam dibagian ;

Kadang ribuik hak azasi
Hak urang lah kanai kaki
Heboh dibaliak emansipasi
Lupo kalau awak padusi

Nak jadi pamimpin di nagari
Nak manjadi pejabat tinggi
Lah lupo janji diangku kadi
Ka taat pado suami

Pada kenyataannya Pak sekarang ini  sulit kita mengatakan kepada wanita yang
sudah merasa mempunyai pendidikan tinggi ,karier bagus dan mempunyai jiwa
kepemimpinan yang baik untuk menyadari bahwa siapapun dia kodratnya tetap
sebagai  ibu, wanita yang tetap punya tanggung jawab yang tidak bisa digantikan
oleh laki-laki.
Sayang pada masa sekarang kesadaran dirinya sebagai seorang Ibu atau wanita
sudah banyak yang menurun, sehingga gambaran Pak Yanto dalam gurindamnya cocok
sekali.
teruslah membuat gurindam  Pak ,dan mudah2an kelak bisa dibukukan .
Walaupun saya tidak fasih menulis dalam bahasa minang ,namun saya sangat
menyukai tulisan2 dalam bahasa minang.

Wassalam

Dewi Mutiara,suku Sikumbang.