Tergelitik saya membaca komen atau pendapat Uni Dewi di bagian ini

"kalau saya termasuk wanita yang  kurang suka melihat  suami menggendong  anak
dijalan pakai kain"

Nah itu salah satu terjemahan bebas dari jawaban saya "saya memang nggak bisa
menggendong anak dengan kain panjang ala orang jawa takut terkilir dan jatuh si
anak"

Dan Istri saya pasti akan marah (terbaca ; malu) serta berkata

"Manga lo uda manggendong anak dihalaman bantuak itu, karajo nan indak2 sajo
mah, masuak kadalam capek"

Jadi memang kurang lazim rasanya lelaki minang yang punya istri orang minang
menggendong dan mengayun2  anak dengan kain panjang dan menggendong anak
berjam-jam di halaman dansebuah kegiatan yang rutin setiap hari kalau di minang
atau dilihat tetangga yang orang minang juga memang kurang enak

Kalau dilihat oleh orang jawa mungkin datar2 aja,

Tapi nan jaleh nan namo si buah hati lelaki minang tantu taragak lo
manimang-nimang anaknyo ado waktu, kapan dan moment nan tapek dek lelaki minang
ko bilo bamanjo2 jo anak dan istri bisa memaklumi

Wass-Jepe