Alangkah senangnya kita mendengar adanya alat CT Scan dan MRI tersedia di
Pekanbaru sehingga pasien dari Ujung Batu dapet tertolong segera. Kalaua tidak,
mungkinsakait berkepanjangan ini akan dianggap orang segagai "kanai gasiang"
yang hanya "tukang gasiang" itu sendiri yang dapat mengobatinya. Sedangkan
tukang gasiang itu embunyi-sembunyi dan tujuan kerjanya bukan mengobati orang
tetapi supaya orang dapat merasakan penyakit yang dibuatnya.

Mendengar MRI itu saya ingat 20 orang dokter dan teknisi dari rumah sakit di
Jakarta dan Surabaya pada thaun 2000 datang ke Palo Alto untuk training MRI
yang baru mereka beli dari Varian. Saya beruntung berperan sebagai penerjemah
waktu itu ditugaskan oleh Varian yang mmeprodusir MRI itu. Pengalaman tiga
Minggu menterjemahkan fungsi dan seluk beluk MRI merupakan kenangan yang
berharga sekali.

Mengenai CT Scan, saya beru mengalaminya pribadi ketika jatuh speda di trotoir
dan kepala terhempas ke jalan aspal. Kepala saya terantuk ke aspal, bunyinya
terasa seperti bunyi letusan shopping bag yang ditiup dan lansung
dihantam-pijak, darah bercucuran dari kening. Saya langsung lari ke dokter.
Dokter saya yang kebetulan akan pulang wakatu itu sudah setengah enam senja,
melihat dan bertanya apa yang terjadi. I missed my appointment with you this
morning saya bilang, now I have to see you immediately without any appointment.

Dokter perempuan ini langsung membersihkan saya pribadi tanpa perawat. Saya
langsung dikirimnya ke CT Scan. Katanya minta orang di CT Scan itu telepon saya
secapetnya setelah dilakukan CT Scan. Saya akan tunggu berita tentang anda di
sini. Saya belum akan pulang sebelum saya tahu hasilnya, katanya. Terima kasih
saya bukan main, doktor itu menunggu hasil. Setelah dia tahu pelajari hasilnya
saya ditelepon pribadi di kamar CT Scan itu, menyatakan hasilnya baik, jangan
khawatir, sudah boleh pulang, dengan kening diperban.

Kening saya yang tadinya sudah terasa pecah berdarah-darah, pulih kembali dalam
beberapa minggu dengan tiada bekas. Insya Allah, kepala saya tidak terasa sakit
berkepanjangan.

Salam,
--MakNgah
Sjamsir Sjarif