Dalam keadaan normal, plasenta akan tumbuh pada bagian atas rahim. Tapi
plasenta istriku tumbuh pada bagian bawah rahim, sehingga menutupi jalan lahir.
Perdarahan timbul sekonyong-konyong tanpa sebab apapun., tanpa nyeri dan
berulang, adalah indikasi terjadinya plasenta previa pada seorang ibu hamil.
Sebab dari perdarahan bisa saja karena adanya plasenta dan pembuluh darah yang
robek karena terbentuknya segmen bawah rahim, terbukanya mulut rahim karena
manipulasi intravaginal atau rektal. Satu-satunya jalan untuk menyelamatkan
bayi kami adalah dengan melakukan operasi seksio secaria.
Aku menyerahkan semuanya kepada dokter, menandatangani surat persetujuan
operasi. Selama penantian yang terasa sangat panjang, kenangan demi kenangan
melintas dalam benakku. Sejak aku menatap kedalam mata istriku untuk pertama
kalinya ketika usia kami masih belasan, hatiku telah memutuskan bahwa dialah
yang akan mendampingiku ketika aku tua nanti. Pengorbanan yang dilakukannya,
termasuk meninggalkan kehidupannya yang semula nyaman dikampung halamannya demi
mengikutiku merantau kekota ini, membuat tenggorokanku perih karena menahan
tangis. Istriku lebih memilih menemaniku dan hidup susah, dan setiap hari
memberikanku kekuatan lewat senyumannya. Memikirkan keadaannya sekarang, aku
sadar, aku takkan bisa bertahan tanpa dirinya.
Akhirnya pintu kamar operasi terbuka dan seorang dokter menyampaikan kabar yang
sangat membahagiakan, bahwa istri dan anak perempuanku sedang dalam keadaan
baik. Aku mengucap syukur, menjabat dan mencium tangan dokter itu. beliau
terlihat agak terkejut, lalu tersenyum dan mengucapkan selamat.
Lalu aku bertemu istriku, keadaannya masih lemah, tapi dia masih tersenyum
waktu menggapai tanganku.
“aku baik-baik saja, Bang. Jangan khawatir. Aku dan anak kita tidak akan
meninggalkanmu”.
Aku tak kuasa lagi menahan tangisku. Istriku yang cantik, yang begitu tulus,
masih saja memikirkan diriku.
“Aku sangat bersyukur kau meilihku”, bisikku di telinganya.

      Pemerintahan yang jujur & bersih? Mungkin nggak ya? Temukan jawabannya di
Yahoo! Answers! http://id.answers.yahoo.com