Efektif dan Efisiien
Oleh K Suheimi

Subuh jumat ini, saya memberi kuliah subuh di Masjd Raya An-Nur Pekanbaru> saya
awali dengan mengatakan ”Sukssnya satu usaha bila dikerjakan dg efekrif dan
efsien. Lalu apa bedanya efekrtif dan efsien?
Efsien is to do some thing right dan efektif is to do the righ some thing

Lalu saya contohkan scara sederhana
Bila kita berangkat dari Padang menuju Bukttinggi, tapi saya ambiil jalan ke
solok terus ke sawahlunto, ke batu sangkar lalu ke Baso akhirnya baru sampai di
Bukit tinggi
Maka semua jemaaah serempak menjaawaab bahwa pekerjaan itu tidak efektif dan
tidak efisien.

Seharusnya untuk k B Tinggi . Dari padang saya menuju lubuk alung, sicincn,
Padang Panjang. Sampai k B Tinggi. Itu baru benar

Tapi bila saya berangkat dari pdang ke B tinggi dg kecepatan 10 km perjam.
Sehingga sampai ke B Tinggi setelah 9 jam. Apaakah itu efektif atau efiseein?

Jawabnya sudah efsien karena sudah  pada jaalannya yg lurus, tapi belum efektif.
Baru dikatakna Efektif daan Efisen bila. Padang B Tingg saya tempuh dalam 2 jaam

Jadi efektf dan efien adalah beerja secara benar pada jalanNya yg lurus

Sesungguhnya itulah do'a yang kita panjatkan setiap harii
"Ihdinassiratalmustaqiim"
Tunjukkanlah kami jalan yg lurus dan yg benar

Bimbiinglah kam bekerja secara benar pada jalanMu yg lurus

Setiap saat kta mendo'a dan memnta agar bekerja efektif dan efisien! Tapi
sayang yang kta lakukan tdaklah efektf dan juga tidak efisien.

.Dari awal sejak kelahiran yang lurus dan yang benar, Maka yang efektif dan
efisien itu adalah bila si anak lahir melalui jalan lahir yg normal

Kerna pada persalinan normal anak memalui jalan lahir atau vagina> di dalam
vagina terdapat bakteri atau kuman yang bernama lactobacillus itu berada pada
jalur lahir atau jalan keluar bayi yang terletak di lubang vagina ibu.

Bakteri ini akan tertelan saat bayi terdorong keluar dari rahim. Namun bakteri
ini tidak akan tertelan oleh bayi yang lahir secara operasi caesar,
Inilah keunggulan dari proses kelahiran normal. Bakteri yang tertelan bayi itu
nantinya akan menjadi mikroba yang diserap usus dan berkembang biak. Kelak
bakteri ini berperan dalam membunuh bakteri jahat yang berkembang di dalam
usus.

Lactobacillus selanjutnya akan mencegah diare atau kuman jahat yang masuk ke
dalam tubuh. ''Bayi atau balita yang diare karena susu formula umumnya terjadi
karena kurangnya mikroba dalam usus bayi”

Disamping itu pada persalinan normal kita bisa memasukkan darah tali pusat yang
mengandung stem cell atau sel tunas dengan banyak.
Agar darah dalam tali pusat itu di masukkan ke tubuh si anak
sebanyak--banyaknya dengan cara sesegeranya anak disusukan dan melambatkan
pemotongan tali pusat.

Biasanya begitu anak lahir langsung tali pusatnya di potong dan anak dipisahkan
dari iibunya
Sekarang setelah anak lahir, berikan anak  pada ibu untuk disusukan. Isapan
yang kuat dari bayi pada puting susu ibu akan menyedot darah dari tali pusat.
Puting susu yang di hiisap bayi, maka tubuh ibu akan mengeluarkan oksitosin
menyebabkan rahim berkontraksii dan plasenta terlepas.
Lepasnya plasenta dg cara demikan akan menimbulkan perdarahan yg sedikit.
Setelah plasenta lahir baru talipusat anak di potong. Dengan demikian
diiharapkan darah tali pusat yang berisi stem sel itu akan banyak mengalir ke
tubuh anak
Sehingga anak berdaya tahan tinggi, diharapkan terjauh dari penyakiit-penyakit.

Saya sering bertanya, kenapa tali pusat itu panjangnya sampaii 70 cm. Kalau
hanya sekedar menghantarkan oksigen dan makanan, mungkin cukup didalam rahim
itu panjangnya sejengkal
Tapi kerna sesudah lahir anak harus menyusu pada ibu maka tali pusat itu dibuat
Allah seepanjang 70 Cm. Semua ada guunanya, tak ada yang sia--siai dalam
penciptaanNya

Sampai hari ini sudah 32 orang ibu-ibu yang saya tolong dg cara kelahiran
Waterbirth. Saya saksikan betapa siiibu mendekap anaknya dengan kuat dan mesra
ketika bayi itu lahir dan langsung menyusuinya.
Mata bayi menatap mata ibu dan mata ibu menatap mata bayinya. Mata berpandangan
mata melahirkan kasih sayang yang tiada taranya. Jalinan kasiih sayang yang
pertama setelah lama berkuras melahirkan bayinya

Maka melahirkan di dalam air memungkin sekali dan menimbulkan kenyamanan
memberikan asi pada bayi di detik yang pertama. Steem cell yang sangat berguna
lebih leluasa mengaliir ke tubuh sianak yang akan melindunginya dari berbagai
penyakit.

Stem cell memiliki potensi untuk berubah menjadi beragam jenis sel.

Banyak ilmuwan meyakini kemungkinan memanfaatkan kemampuan sel tumbuh menjadi
berbagai jaringan untuk memperbaiki kerusakan.

Dengan demikian bayi yang lahir secara normal dengan cara Waterbirth akan
memiliki daya tahan yang jauah lebih kuat

Semoga kita mempunyai keturunan yg jauh lebih baik, lebih kuat dan lebih unggul.

Untuk itu ingin saya petikkan sebuah Firman Suci Nya dalam Al Qur'an  surat Al
Mukmin ayat  8

YA TUHAN KAMI , DAN MASUKKANLAH MEREKA KE DALAM SURGA ADNIN YANG TELAH ENGKAU
JANJIKAN KEPADA MEREKA DAN ORANG - ORANG YANG SALEH DI ANTARA BAPAK - BAPAK
MEREKA , DAN ISTERI - ISTERI MEREKA , DAN KETURUNAN MEREKA SEMUA . SESUNGGUHNYA
ENGKAULAH YANG MAHA PERKASA LAGI MAHA BIJAKSANA

Pekanbaru 5 Maret 2010

      Lebih aman saat online. Upgrade ke Internet Explorer 8 baru dan lebih
cepat yang dioptimalkan untuk Yahoo! agar Anda merasa lebih aman. Gratis.
Dapatkan IE8 di sini!
http://downloads.yahoo.com/id/internetexplorer/