PAPAN
PENUNJUK ARAH

Oleh
:  K. Suheimi

            Kalau
keluar kota, lebih-lebih ketempat yang belum pernah saya tempuh, selalu papan
penunjuk arah saya cari dan saya pedomani, karena di papan itu tertera arah
jalan yang akan ditempuh untuk mencapai tujuan, sekalian tertulis jarak satu
kota dari tempat  papan penunjuk itu.
Bagi siapa saja yang dalam perjalanan jauh, mereka sangat memerlukan dan
mencari papan penunjuk arah.karena kalau sudah salah jalan, salah tempuh, bias
mengakibatkan bermacam-macam.

            Seperti yang pernah saya alami tahun 85,
salesai menamatkan pendidikan ahli kebidanan dan penyakit kandungan di Bandung.
Saya pulang ke Padang membawa mobil sendiri lewat jalan darat. Itulah yang
pertama kali saya membawa mobil jarak jauh dari Bandung pulang ke Padang.
Sesampai dekat Tanjung karang, ada persimpangan, mungkin disimpang itu ada
papan penunjuk jalan, tapi tak saya perhatikan, Cuma saya berpedoman pada
instink dan fikiran, kalau ke Padang harus belok kanan, arah ke utara. Tanpa
fikir panjang, mobil saya arahkan ke utara dan gas ditancap terus, tapi apa
yang kejadian. Berjam-jam jalan itu saya lalui akhirnya kami sampai dijalan
buruk dan jelek, masuk ke kampung-kampung kecil. Waktu itu saya merasa mungkin
kami telah tersesat, karena tidak bertemu lagi dengan mobil-mobil atau bus,
tapi untuk kembali, kami telah terlongsong menempuh jalan selama 6 jam, ketika
ditanya pada penduduk kampung, ternyata memang kami telah tersesat, untuk
kembali terlalu jauh. Dan orang kampung itu menunjukan ada jalan lain, yaitu
masuk lagi kedalam kampung-kampung kecil, nanti diujung jalan akan sampai ke
jalan yang menuju  ke Padang. Kami semua
cemas, kami khawatir, tapi karena semua penduduk kampung meyakinkan bahwa nanti
kami akan bersua dengan jalan menuju padang, jalan kami tempuh jua, kira-kira
jam 20.00 malam baru kami sampai di kota Metro, artinya kami telah memutar jauh
sekali baru sampai kejalan yang benar, mengarah ke Padang. Setelah berhabis
energi dan berhabis cemas dan membuang-buang waktu cukup lama barulah arah bisa
dibetulkan lagi. Kami telah jauh tersesat, betul kata orang ”malu bertanya
sesat dijalan, malu bergelar hanyut se rantau”.

            Saya tak akan pernah
melupakan pengalaman pahit, hanya gara-gara persoalan sepele, tak mau melihat
dan mempedomani papan penunjuk arah. Tapi untung kami masih berada diatas dunia
,masih ada tempat untuk bertanya, dan tidak satu jalan untuk mencapai sesuatu,
banyak jalan untuk sampai ke tujuan.

            Saya tidak habis fikir,
bagaimana kalau seandainya dalam perjalanan yang sangat jauh, yaitu perjalanan
menuju akhirat, kepada siapa mau bertanya?, dan kalau telah tersesat dan salah
jalan
kepada siapakah hendak mengadu dan siapakah yang akan memberi tahu?.

            Jalan ke akhirat adalah
satu jalan yang pasti akan kita tempuh, mau tidak mau, suka tidak suka,
siapapun kita harus menempuh jalan ke akhirat. Padahal jalan ke akhirat, belum
seorangpun yang pernah menempuhnya, betapa jauh dan mungkin betapa sulit,
sedang perbekalan belum cukup. Agaknya untuk ke akhiratpun kita perlu dan butuh
papan penunjuk jalan. Nah papan penunjuk jalan ke akhirat di setiap
persimpangan itu adalah para Rasul yang menunjuk dan mengarahkan, kalau ingin
selamat sampai di tujuan akhirat, tempuhlah jalan yang ini. Dan mematuhi
petunjuk Al Qur’an, karena dari membaca Al Qur’an kita bis mengerti dan tahu
bagaimana jalan dan kehidupan akhirat. Kitab suci dan Rasul adalah bagaikan
papan penunjuk arah di persimpangan jalan. Tanpa itu kita tergelincir, sedikit
saja kita salah memilih dan sedikit saja kita menyimpang, kita akan tersesat
dan akan sampai ke kampung lain. Akan ke neraka tempat yang sangat kita takiti.
Agaknya inilah yang selalu di ingatkan oleh Rasul kepada kita semua. Dan tentu
kita semua teringat akan pesan penting danpesan terakhir Nabi Muhammad s.a.w
sewaktu beliau akan menghembuskan nafasnya yang terakhir : ”Ummati. . . ummati,
akan dijamin keselamatannya dunia dan akhirat, mereka yang berpegang teguh pada
Al Qur’an dan sunnah Rasul”.

            Para pembaca yang budiman,
mungkin jalan yang sedang kita lalui dan kita tempuh adalah jalan dosa, jalan
yang sedang menggiring kita ke neraka. Untuk itu, setiap berjalan kita harus
sering bertanya dan di setiap persimpangan kita disuruh melihat papan penunjuk
jalan untuk akhirnya berdo’a. ”Ya Allah tujukilah kami jalan Mu yang lurus dan
benar. Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan jalan orang-orang
yang Engkau murkai dan bukan pula jalan orang-orang yang sesat”.

            Yang sering terlihat
adalah orang yang mengabaikan papan penunjuk arah dan melupakan serta
meninggalkan petunjuk dan bimbingan hidup, serta meninggalkan
pelajaran-pelajaran. Padahal kalau manusia mengerti sesungguhnya Al Qur’an itu
adalah pelajaran yang datang langsung dari Allah, menjadi petunjuk dan obat
bagi hati yang sakit, jadi petunjuk dan jadi rahmat bagi orang mukmin. Untuk
itu saya teringat akan sebuah ayat dalam surat Yunus ayat 57 :

            ”Sesungguhnya telah datang
pelajaran dari TuhanMu, sebagai obat dan penawar sakit dari sudut-sudut hati,
dan jadi petunjuk serta rahmat bagi orang beriman”.

Padang 27 Desember 1993