From: Hendrik Limbono <hendrik_l...@yahoo.com>
Sender: saham@yahoogroups.com
Date: Wed, 3 Oct 2012 07:06:33
To: Dolgado-mIlis<dolgado-mi...@yahoogroups.com>;
saham@yahoogroups.com<saham@yahoogroups.com>
Subject: [saham] Analisa Fundamental PTRO

Analisa Fundamental PTRo, Perak seharga perak

http://bei5000.com/2012/10/03/analisa-fundamental-ptro-perak-seharga-perak/

 Hari ini di FB, saya memberikan signal beli PTRO di harga 1490, signal beli
ini murni adalah signal TA, sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan FA.
Namun karena ada beberapa permintaan tentang analisa fundamental PTRO, maka
kali ini saya akan mencoba membahas mengenai fundamental P TRO. Petrosea adalah
 bagian dari Indika Enargy (INDY) dan adalah perusahaan kontraktor
pertambangan. Kontraktor pertambangan ya, bukan perusahaan tambang,. Kontraktor
pertambangan dan perusahaan tambang adalah dua perusahaan yang berbeda.
biasanya perusahaan tambang, menyewa kontraktor pertambangan untuk melakukan
kegiatan pertambangan.
Pertama - tama dalam analisa suatu saham, kita lihat dulu sektornya dimana.
Sektor PTRO sendiri bergerak di kontraktor tambang batu bara. Sehingga harga
batubara juga bisa ikut mempengaruhi pendapatan PTRO. Harga batubara yang turun
bisa menyebabkan perusahaan tambang mengurangi order dari kontraktor tambang
dan ujung - ujungnya bisa mempengaruhi pendapatan kontraktor tambang. Karena
kalau harga lagi rendah, cenderung perusahaan tambang mengurangi produksi.
Lagipula kalau stok banyak dan ga ada yang mau beli, bisa susah di bagian
penyimpanan, yang akan menambah biaya lagi. Jadi solusinya adalah kurangi
produksi hingga harga mulai naik lagi sehingga perusahaan bisa cuan.
Otomatis dari segi prospek, maka saat ini prospek batubara secara umum sedang
kurang bagus.
Kalau kita lihat dari keuangan PTRO, maka saat ini
PBV PTRO adalah 1x, sementara
PER hanya 3,8x dan
DER 1,8x
sekilas terlihat bahwa PTRO ini cukup murah karena PER hanya 3,8x. Namun
menurut saya saat ini PTRO tidak mursah, namun juga tidak mahal.
TIDAK MAHAL karena PBV PTRO saat ini hanya 1x, dan PER hanya 3,8x, malah
tergolong murah.
pada dasarnya analisa fundamental memperhitungkan growth masa lalu dan
menggunakan asumsi growth masa lalu sebagai asumsi growth masa depan. dan
selama beberpa tahu terakhir, growth rata - rata PTRO sangat tinggi, dari tahun
2009 ke 2010 baghkan PTRO bertumbuh labanya hampir 35x lipat. sementara 2010 ke
2011 bertumbuh sekitar 25%. Namun hal yang perlu kita perhatikan lagi adalah
perusahaan yang bertumbuh pesat di masa lalu berum tentu bisa bertumbuh pesat
di masa depan.
perusahaan yang bertumbuh pesat di masa lalu berum tentu bisa bertumbuh pesat
di masa depan
Jadi walau growth PTRO sangat tinggi di masa lalu, tidak menjadi jaminan bahwa
ke depannya PTRO Bisa mengalami pertumbuhan yang serupa. Bahkan kalu kita lihat
di tahun 2009 memang harga btaubara sedang rendah - rendahnya dan di tahun 2010
harga btubara mulai nanjak hingga 2011, hingga pertengahan 2012, dan setelah
itu harga batubara mulai turun. Dan memang pertumbuhan PTRO banyak ditopang
oleh harga batubara yang tinggi, sehingga mendorong pertmintaan akan layanan
kontraktor batubara.
price chart coal sumber : indexmundi
bisa anda lihat char coal di atas, dimana dri low di tahun 2009 ($62), coal
terus naik hingga tertinggi di desember 2010 ($145), setelah itu mulai turun
hingga saat ini hanya $86. dan selama harga batubara terus rendah, maka prospek
industri coal pun akan melemah.
kesimpulan :
pendapat pribadi saya adalah Di harga saat ini PTRO terbilang cukup menarik
dengan PBV hanya 1x, namun melihat prospek industrinya yang lagi jelek, saya
tidak melihat alasan yang kuat buat ber investasi di PTRO karena ada banyak
saham lain yang lebih murah dari PTRO, membagikan divdien dalam jumlah yang
cukup besar serta pertumbuhan perusahaannya tidak bergantung pada fsktor
eksternal.
Terus terang saya tidak terlalu suka ber investasi di perusahaan yang memiliki
korelasi terlalu dalam dengan faktor eksternal (misal harga coal, kondisi
ekonomi US dan china, dll).
Namun bukan berarti harga PTRO ga bisa naik, bagi saya harga saham jangka
pendek dan fundamental, sama sekali tidak memiliki korelasi. Walau ada aja
alasan buat dihubung - hubungkan. Secara teknikal PTRO menarik, namun buat
investasi menurut saya negatif.

bei5000.com
http://www.facebook.com/rhliembono

twritter : @bei5000