rekan-rekan...

Saya mau tanya,
Apa ada tandingan mikocok exchange server (mail server) yang berjalan diatas
linux ?
karena saya tertarik dengan cara kerjanya yang bersifat sentral yang mana
dari sisi client hanya bisa
membaca, menulis dan mengirim email tanpa harus didownload kedalam komputer
client (IMAP), karena semuanya
dilakukan didalam server.
Dan juga active directorynya yang berisi data client, jadi kita tidak harus
menghafal alamat email tujuan, tapi cukup
melihat address book server, karena semua yang terdaftar sbg client diserver
otomatis bisa terlihat di address book tsb.

Saya mencoba untuk melakukan itu dengan MTA postfix, sudah OK, dan untuk
autentifikasi client pake OpenLDAP, juga sudah OK
sekarang bagaimana caranya agar linux bisa melakukan Active Directory
seperti kepunyaan Mikocok Exchange,
atau ada Distro yang khusus bisa melakukan itu semua ?

Apabila server kantor pusat menggunakan WinNT (exchange server didalamnya),
sedangkan saya dicabang ingin menggunakan Linux,
bagaimana cara meng-syncronized-kan active directory dari kantor pusat ke
kantor cabang.

Demikian pertanyaan saya, semoga ada yang bisa membantu....
Terima Kasih