MBak,
Titip buat temannya ya,

Bayi yang lahir kurang bulan tidak selalu bisa
dibandingkan dengan temannya yang cukup bulan.
Biasanya memang ada sedikit keterlambatan. Tetapi kita
juga harus waspada apakah memang itu keterlambatan
atau memang ada gangguan. Umumnya bayi kurang bulan
juga lebih rentan dengan penyakit terutama penyakit
dari virus ditambah lagi jika tidak dapat ASI
mencukupi.

Berat bayi usia 1 tahun minimal 3x berat lahir, jadi
kalau lahirnya 2,4 kg umur 1 tahun minimal 7,2 kg.
Untuk meningkatkan berat badan perlu diberi makanan
padat kalori. Dalam 1 hari usahakan makan biasa 3x dan
makanan selingan 2x, cari menu yang padat kalori
sehingga kebutuhan anak terpenuhi

Kalau ada benda berbunyi dia melihat artinya
pendengarannya baik. Jika dipanggil namanya tidak
bereaksi artinya dia belum mengasosiakan bunyi
tersebut dengan dirinya.

Jika setelah diperiksa DSA dan THT tidak ada masalah,
berarti memang anak tersebut kurang mendapat
rangsangan dari lingkungan untuk berbicara. Semakin
jarang dia mendengar kata2 atau diajak berdialog maka
dia tidak tahu bahwa mengeluarkan suara adalah bentuk
interaksi kita dengan orang lain.
Selain itu lihat juga tanda-tanda lain apakah saat
bicara anak menatap orang yang diajak bicara.

Cobalah tidak terlalu mengandalkan pembantu dalam
pengasuhan anak, usahakan setelah pulang kantor semua
pengasuhan dilakukan sendiri dan perbanyak
berinteraksi dengan anak melalui kata2. Masih ada
waktu untuk mengejar ketinggalan, karena sekarang
otaknya sedang berkembang pesat, sayang sekali kalau
masa emasnya (0-3 tahun) berlalu begitu saja.

Anjuran dokter mengganti merk susu tidak selalu harus
dituruti, kalau anak makannya baik susu apapun tidak
terlalu penting, namun jika makannya agak sulit dan
beratnya kurang ada baiknya saat membeli susu lihat
yang kandungan lemaknya tinggi. Biasanya susu dalam
negeri punya kadar lemak lebih tinggi dari susu merk
impor sehingga bisa jadi pilihan, selain itu susu
dalam negeri sudah punya sertifikat halal sehingga
tidak ada keraguan dalam memberikannya ke buah hati
kita.

Sekian dulu ya, semoga membantu

Mamanya Dafi