Dear Yuki,

Saya mau sharing pengalaman nich, mudah-mudahan membantu.
Dalam toilet training pertama kita sebagai orang tua harus rajin nggak
boleh males, karena kita akan mengajarkan hal-hal yang rutin yang harus
dilakukan anak. Memang sich gampang-gampang susah, tapi nanti kalau hal ini
sudah menjadi kebiasaan akan terasa mudah bagi kita. Jadi saya mulai toilet
training sedini mungkin, waktu itu anak-anak sudah bisa mulai berdiri, lalu
setiap pagi saya latih untuk pipis dan duduk di kloset, memang ini makan
waktu bisa sampai 15 menit, kalau BABnya (pipis sich pasti keluar) nggak
keluar juga yach nanti agak siang kita ulang lagi sampai hari itu dia BAB,
ini juga melatih anak BAB tiap hari, kalau untuk pipis  awalnya bisa tiap
setengah jam, lama kelamaan kita akan bisa memperkirakan jadwal pipisnya.
Lumayan lho kalau ini berhasil kita khan nggak perlu borong diapers lagi,
tapi syaratnya yach itu tadi kudu rajin, nggak susah khan Bu, tapi mesti
telaten dan sabar.
OK selamat ber-toilet training.

Regards,

Ita Abidin (Adam's & Donnie's Mom)

                    "Yuki Ng"

                    <clever_yukiko@ho        To:     [EMAIL PROTECTED]

                    tmail.com>               cc:

                                             Subject:     [balita-anda] Melatih Anak
ke
                    08/21/02 10:59 PM        Toilet

                    Please respond to

                    balita-anda

hallo para rekan semuanya,

saya mau minta tolong sharingnya juga tips utk melatih anak ke toilet..baik
pipis maupun bab... dsb..
anak laki-laki saya sudah umur setahun sekarang tapi masih belum mampu utk
melatihnya bab di potty/melatih pipis langsung di toilet.
dulu waktu baru bisa berdiri sekitar usia 9 bulan sudah saya coba berkali
kali utk membantu dan melatihnya pipis di toilet, udah dicoba sssstt sttt
eh
dia malah ketawa geli, nggak meronta sih tapi diem aja dan ditungguin
sampai
5 menit belum juga bisa keluar kencingnya, sampai akhirnya saya jadi
malas... pernah kata temen habis bangun tidur, dan itupun sudah saya
praktekkan kok malah kalau mau dikencingkan malah doi nggak keluar
pipisnya,
kenapa yah bingung deh saya jadinya...
dulu waktu saya lihat dia sudah mulai ngejan mau bab, kadang pernah saya
bawa langsung ke toilet, saya beli dudukan potty yg kecil ditaruh langsung
diatas kakus, dan dia sudah mau duduk disana kalau bab, tapi kadang saya
nggak keburu bawa dia eh udah keluar duluan bab-nya.. jadi gagal juga...
bagaimana cara yg tepat utk melatih anak ke toilet yah?
umur berapa kira-kira anak sudah mengerti utk minta pipis atau bab dan
biasanya sudah lepas nggak pakai diaper lagi?
terima kasih banyak sebelum dan sesudahnya...

salam,
yuki

MSN Photos is the easiest way to share and print your photos:

http://www.indokado.com/