Tanya :         Umur putri saya sekarang 6 bulan harusnya berat badannya
saat ini min 7,3 kg tapi                        beratnya hanya 6,5 kg saja.
Yang ingin saya tanyakan adalah:
                Bagaimana menambah berat badan bayi? Makanan apa saja yang
baik dan bergizi tinggi                         untuk menambah beratnya
mengingat dia sekarang sudah boleh makan bubur. kalau bisa
saya dptkan daftar makanan tsb dan gizinya.
                Biasanya saya beri dia makanan halus spt sayur, buah, ayam,
daging, tempe & tahu,                   keju, biskuit (milna/farley), susu
PASI (saat saya bekerja) dan ASI. Apakah makanan                tsb sudah
baik? Bagaimana cara mengolahnya agar tetap ada gizinya?
                Perlu Dokter ketahui bahwa dia makan sedikit sekali dan
susah. Bgm cara mengatasinya?           Apa benar bayi perempuan makannya
sedikit dibanding bayi laki2?

Jawab:  berat badan anak Ibu jika disesuaikan dengan usianya digolongkan
gizi kurang. Makanan            yang baik dan bergizi tinggi yang Ibu
tanyakan, sudah terjawab sendiri dalam                          pertanyaan
Ibu, yaitu sayur, buah, ayam, daging, tempe, dsb.-nya. Biasanya bayi
seusia anak Ibu, makanan ditim dahulu kemudian disaring, mengingat usus bayi
belum                   dapat mencerna keseluruhannya. Kalau berat badannya
masih belum bisa bertambah,                     mungkin porsinya masih
kurang. Misalnya saja banyak ibu yang mempercayakan pemberian
makan anaknya pada baby sitter. Bila baby sitter-nya tidak sabar, akibatnya
bila bayi               tidak mau makan lagi maka mereka langsung stop
memberi makan, padahal porsinya baru            dimakan separuh. Jika berat
badan tetap tidak bertambah, saya anjurkan agar Ibu
memeriksakan anak Ibu ke dokter anak terdekat. Ada beberapa penyakit kronis
yang                    mungkin gejalanya tidak bisa Ibu lihat, tapi
penyakit itu terus menggerogoti tubuh si                bayi, sehingga berat
badannya tidak bisa bertambah, atau juga selera makan menurun.

Tanya:  Anaksaya berusia hampir 3 tahun, menderita pilek sejak berusia 2
tahun. Sudah kami                       bawa ke dokter dan di rontgen dan
dicek sinus tapi masih dalam batas normal dan                   diberikan
Ryzen drops(3 bootol), tapi sampai saat ini belum juga sembuh. Napasnya
berbunyi bila sedang tidur spt mendengkur, sepertinya lendir didlm hidung
tidak dapat             keluar. Tolong Dok apa yang harus saya lakukan untuk
kesembuhan putri saya dari                      pilek.

Jawab:  Dari data yang dipaparkan, tampaknya anak Ibu menderita Rhinitis
Alergi. Sebetulnya              ada hal-hal yang belum diceritakan, yakni
apakah ada riwayat alergi dalam silsilah                        keluarga ?
Bila ada sangat menyokong. Juga apakah pileknya setiap saat atau terutama
malam (dinihari) sampai bangun pagi dan bila sudah agak siang pileknya
hilang ?                        Penyakit alergi penanganan yang penting
adalah menghindarkan dari alergen (yang                         menimbulkan
alergi). Misalnya: makanan ikan laut, telur, coklat, tomat, dll Untuk
alergi yang menyerang salurannafas seperti batuk pilek / asma, biasanya
faktor                  alergen utamanya adalah tungau debu rumah. Tungau
debu rumah banyak pada karpet,                  mantel berbulu, mainan
berbulu, kotoran / debu rumah, dll. Untuk mengetahui alergen            apa
yang sangat berperan pada putri Ibu, dapat dilakukan uji kulit. Jadi anjuran
saya            untuk tata laksana putri Ibu :
                Tegakkan dulu diagnosanya dengan pemeriksaan darah / sekret
hidung, uji kulit, feses                (Anak Ibu dapat dibawa ke dokter
terdekat)
                Pengobatan disesuaikan dengan hasil pemeriksaan yang didapat
: -Hindari / eliminasi          alergen -obat anti alergi -obat simptomatik
untuk pileknya sendiri -obat pencegahan                 alergi.

Semoga bermanfaat

Dede Maulana
Network Manager

- Yang membutuhkan File Tanya jawab soal anak
  silahkan hubungi saya VIA JAPRI
  dengan Subject: TANYA JAWAB