Date: Tuesday, September 03, 2002 11:30:36
Subject: RE: [balita-anda] BAB keras (Sembelit)

pak Budhi,
dulu juga anak saya pernah sembelit. Maaf klo agak panjang, dan ini pun klo
gak salah inget..maklum..udah lama + agak nempel2 dikit..;) sbb :
Dicek dulu penyebabnya-ke DSA, siapa tau karena memang ususnya yg
bermasalah.Nah jika tidak bermasalah, Kata DSAnya-- kebetulan baik--mo
nerangin panjang, bisa disebabkan 2 hal, krn :
1. makanannya banyak diserap tubuh, jadi tidak ada yg dikeluarkan -> ini BAB
jadi tidak tiap hari ATAU malah makanan yang masuk sedikit.
2. jika keluarnya keras, bisa jadi karena : cairan yang masuk ke tubuh
kurang ATAU malah cairannya banyak diserap tubuh.
Ngeceknya mudah, lihat apakah anak tetap normal perkembangannya, Beratnya
naik normal, sehat(gak sakit2an). Jika ini iya, mungkin berarti banyak
diserap tubuh. Tapi jika beratnya juga tidak naik, mungkin makanannya yg
kurang porsi.

Usahanya bisa dari :
1. buah-buahan(selain pisang dan apel), sayur, dan agar(saya kurang tau 3
bulan udah belum boleh ya),
2. susu. Berikut urutan pergantian susu yg diberi DSA ke saya,
jika udah berumur 6 bulan ke atas : ganti jadi chil mil..jika masih..ganti
NAN..jika masih.. juga, kembali lagi ke morinaga.
jika masih dibawah 6 bulan : ganti ke morinaga, jika masih.. ganti NAN, jika
masih juga, kembali ke morinaga lagi.

Selain itu, usaha lainnya, setiap pagi/setiap hari-waktunya BAB, pegang
bagian perut sebelah kiri, (waduh neranginnya susah ya..), ditekan dikit,
ada 'sosisnya' nggak..(intinya, klo dipegang, ada yg kerasnya), jika tidak
ada, bisa jadi krn perut kosong-kurang makan, makanya gak ada yg dikeluarin,
jika ada.. dibagian dubur bisa dipancing, dengan air hangat agar melatih
otot2nya.. katanya..dan bisa dilicinkan dengan sabun. Atau bisa juga
langsung aja pancing pakai air hangat, jika kira-kira memang sudah waktunya
BAB.
Jangan biarkan sampai berhari2 tidak BAB, tapi lakukan pengecekan dan usaha
di atas.
Jika memang sudah lama sembelit terus, dokter akan beri obat disamping usaha
tsb tetap dijalankan.
CMIIW.

NB : Dari 4 DSA semua berkata sama, jika punya kasus sembelit, memang tidak
boleh diberi enfamil (maaf, bukan menyudutkan sponsor), katanya, enfamil
memang dikenal, mengeraskan BAB.

semoga bermanfaat.
mama sadida