From: nurul [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Thursday, September 05, 2002 4:17 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Re : Sharing

ikut nimbrung juga, sebetulnya ini sudah mau saya utarakan tapi belum sempat
malah sudah ada yang
duluan...jadi sekalian minta saran juga

Anak saya umur 15 bulan malah kalau malam kira kira jam 2-3 selalu bangun
dan tidak mau tidur lagi
padahal sebelum tidur malam dia sudah kelihatan capek dengan main main tapi
selalu bangun, tidak
menangis tapi maunya keluar kamar dan main main ...
pertama tama saya biarkan tapi lama lama takutnya dia jadi kebiasaan padahal
saya capek sekali.
Saya sudah coba untuk membujuknya  dan saya diamkan eh malah dia mau turun
sendiri dari tempat
tidurnya sambil ngoceh sendiri minta disetelin vcd teletubbies dan baju
mamanya di tarik tarik
minta keluar kamar saya kadang mengalah dan dia saya setelin vcd tapi kok ya
lama lama kalau tiap
hari saya capek juga akhirnya pada saat lain hari dia bangun dan narik baju
minta keluar kamar
saya cuma hidupkan lampu supaya terang dia saya kasih buku dan mainan eh dia
buka buka sendiri dan
lama kelamaan karena capek dia tidur lagi ...

Ibu Ibu atau rekan netters lainnya sebetulnya kebiasaan bangun pada anak
usia 1 tahun ini termasuk
normal kah mengingat kalau siang dia banyak aktivitas dan malam pun kalau
nggak saya bujuk untuk
tidur dia maunya jalan terus...(karena lagi gila jalan)

mohon sharingnya juga

mamanya naila

Yulias Untari wrote:

> [...]
> sesuatu yang kadang terasa tidak rasional dan kita turuti, dia akan
belajar
> bahwa dengan menangis itu keinginannya akan dituruti dan dia akan
> mengembangkan perilaku itu sehingga lama-kelamaan dia akan menggunakannya
> sebagai cara untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.
>
> Dulu pernah anak saya juga begitu, nangis minta keluar kalo malam, tapi
> biasanya kita membujuknya dengan bilang bahwa ini sudah malam, kalau mau
> main besok kalo dah siang.....dia akhirnya mau diam dan tidur lagi

Mbak...?