From: Tiara Heradadi [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Friday, September 06, 2002 9:13 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] "kebiasaan anak" (was: sharing)

Halo parents,
Anak-anak usia balita memang sedang senang-senangnya bereksplorasi.Anak
seusia ini juga punya kecenderungan mencontoh apa yang orang sekitarnya
lakukan. Paling efektif adalah kalau saya memberikan contoh langsung tapi
saya juga tetap mengarahkan kegemaran nya bongkar pasang dan buka ini-buka
itu. Sepanjang dia melakukannya terhadap benda-benda yang wajar. Meskipun
jadi rusak dan nggak karuan tapi dengan bimbingan ortu anak malah bisa dapat
pelajaran dari kegiatannya itu. Saya tidak akan membiarkan anak membongkar
pasang benda-benda elektronik ataupun barang-barang pribadi seperti tas dan
dompet, walaupun itu milik saya sendiri. Menurut saya, anak perlu di ajarkan
nilai-nilai kesopanan dan kepatuhan pada tempatnya sejak dini, tentunya
dengan cara yang halus,baik dan sesuai usianya. Saya yakin setiap orang tua
punya paten sendiri-sendiri bagaimana mengajari anaknya tata krama.  Menurut
pendapat saya, kalau itu tidak diajarkan atau di biasakan sejak dini nanti
kejadiannya bisa seperti keponakan saya yang kalau bertamu ke rumah orang
lain tangan nya nggak bisa diem, pegang ini-pegang itu, buka ini-buka itu,
pencet ini-pencet itu sampai merusak laptop pemilik rumah karena di
pencet-pencet dan saking terbiasa nya dia melakukan hal-hal seperti itu
dirumah, waktu orang tuanya melarang dia malah jadi ngamuk nggak
karu-karuan. Kalau sudah begini,kasian kan biarpun anaknya lucu  orang malah
jadi sebel gara-gara ngeliat tingkah nya.

salam,
tiara