Dear Rekan2 Netters,

Saya mau sharing sedikit mengenai pengalaman anak saya di sekolah yang
namanya Cahaya Bunda di daerah Mangga Besar VIII Jakarta Barat.
Anak saya umur 4 tahun saya masukkan ke sekolah tersebut sejak umur 2 tahun,
play groupnya selama 2 tahun, karena memang sesuai target saya dan suami
bahwa sekolah itu sebaiknya sesuai umurnya. Jadi umur 3 tahun baru play
group serius.
Anak saya pada saat ini TK di sekolah tersebut. Namun sayang sekali sikap
welcome yang ditujukan oleh Kepala Sekolah dan Gurunya pada saat pertama
kali masuk sekolah, ternyata tidak menunjukkan sikap mereka yang sebelumnya.

Pada hari Jumat kemarin, anak saya dicolok matanya oleh pensil oleh salah
seorang temannya, sehingga anak saya kena iritasi mata dan dibawa ke Dokter
Spesialis mata.
Ketika saya dan suami saya membicarakan hal ini kepada kepala sekolah dan
gurunya, mereka tidak mengabaikan dan tidak mau bertanggung jawab atas hal
ini. Padahal sebelumnya mereka sudah mendengar dari dua orang anak masing2
pelaku (6 tahun) yang mengaku dan saksi (5 tahun) serta dari anak saya
sendiri mengenai pencolokan mata tersebut. Mereka beranggapan bahwa cerita
dari ketiga anak tersebut tidak bisa dipercaya, malah menambahkan bahwa mata
anak saya merah sejak masuk kelas (konfirmasi kedua), padahal pagi harinya
tidak apa2 dan pada saat dikonfirmasi pertama gurunya tidak menyatakan bahwa
mata anak saya merah.
Malahan mereka menyatakan bahwa saya tidak boleh menegur murid dan guru di
dalam kelas, padahal sebelumnya saya sudah berusaha baik2 menanyakan kepada
gurunya tanpa masuk kelas mengenai kejadian ini namun tidak mendapatkan
tanggapan dari mereka.
Selama ini di sekolah tersebut pernah terjadi, antara lain :
1. Anak yang gegar otak, karena jatuh dari mainan.
2. Murid anak dari wali kelas di kelas yang sama meludahi temannya,
   dan tidak mendapat teguran dari wali kelas lain dan kepala sekolah.
3. Guru wali kelas memberikan buku kepada anak-anak dengan cara
   melempar ke meja masing-masing, sehingga terjadi robekan pada buku
   anak.
4. Guru bersikap kurang bersahabat terhadap murid dan tidak
   mengajarkan budi pekerti yang baik terhadap murid dengan menjitak
   atau menghukum murid tanpa sebab yang jelas atau dengan cara
   melepas anak di halaman sekolah, di mana terdapat mainan yang
   membahayakan mereka.

Saran saya agar pengalaman buruk yang sama tidak menimpa rekan2, maka jika
rekan2 ingin memasukkan anak ke suatu institusi tertentu sebaiknya jangan
hanya melihat sikap welcome dari gurunya pada saat awal saja, tetapi perlu
mendapat masukkan dari sesama rekan2 yang sudah memasukkan anaknya ke
institusi pendidikan tersebut.
Pada saat ini saya dan suami sudah memutuskan untuk memindahkan anak kami
dari sekolah tersebut dan kami akan lebih berhati-hati lagi dalam memilih
sekolah. Pada awalnya kami berpendapat bahwa pelajaran memang utama, tetapi
sekarang kami lebih mementingkan kualitas sikap gurunya.

Salam
Lilis