mba vanessa

Alhamdulillah bayinya baik2 aja, insya Allah dilancarkan yah sampai
kelahirannya nanti ..

Dahulu dr enud juga mengatakan hal yang sama bahwa lilitan tali pusar
itu sifatnya elastis dan tidak langsung menjerat begitu saja. Sedangkan
pada kasus saya dahulu, selain ada lilitan tali pusat di leher, juga
pada bagian lain tali pusat ternyata membentuk dua simpul, yang baru
ketahuan setelah saya melahirkan.

Dari keterangan yang saya peroleh, lilitan di leher memang tidak cukup
hanya dilihat melalui USG saja krn kadang tidak terlalu jelas, apakah
memang melilit, ataukah tali pusat itu hanya 'menumpuk' saja di sekitar
leher. Apalagi untuk mendeteksi simpul pada tali pusat, sulit untuk
dilihat sehingga sulit untuk dideteksi melalui USG.

Soal asi, dulu setelah saya di caesar asinya langsung keluar koq ...

--- Begin Message ---
mbak betty , thanks buat sharingnya .

saya secara pribadi sih maunya langsung di caesar aja dgn catatan bayi sudah
"cukup umur " (fullterm ) (btw, 37 minggu udah cukup kan yah? ) krn
memikirkan resiko fatal yg bisa terjadi swaktu2 kalo ditunda2 lagi , cuma
memang dsognya bilang terlalu berlebihan kalo caesar sekarang (2 dokter
bilang begitu ) ,jadi saya menunggu sampai senin depan untuk konsultasi
final dgn dsog nya , sambil terus memantau gerakan janin tiap hari dan 2hari
yg lalu saya udah test CTG dan syukurnya jantung bayi dlm keadaan baik (rate
140-160 , yg katanya normalnya memang 120-160)

selain 2 dokter tsb saya juga mencari second opinion melalui milis dokter
,dan saya dapat feed back katanya  lilitan tali pusat tidak cukup hanya
dilihat dari USG (krnkdang nggak kelihatan lilitannya tuh cuma sekedar lewat
atau sudah membelit ) jaid harus dilihat lewat aliran darah yg terlihat di
sekitar lilitan (dlam hal ini leher), trus lilitan tali pusar tuh nggak
seperti yg kitabayangkan , tidak spt tali laso yg langsung menjerat krn
elastis . (cuma yg saya tidak mengerti bagaimana dgn kasus mbak betty dgn 2
simpul yg mematikan ?)

oh iya , yg saya mau tanyakan lagi , kalo caesar, asinya bisa langsung
keluar nggak yah ?