Sepertinya pertanyaan ini selalu ada di milis BA disetiap waktu menjelang
bulan puasa, yakni apakah ibu hamil dan ibu menyusui boleh berpuasa ?
(tahun lalu saya sempat sharing mengenai masalah ini dengan mbak Sari-SCTV,
halo Sari masih di BA nggak?...)Alhamdullilah saya pernah mengalami kedua
kondisi tsb dan dapat melalui dengan keadaan sehat walafiat dan juga bayiku.

Awal tahun 1998, bulan puasa jatuh pada bulan Jan-Feb saya sedang hamil anak
pertama, masuk kandungan usia 6-7 bulan. Dengan konsultasi dokter DSOG tetap
loh ibu2 harus tanya dokternya dulu untuk memastikan kondisi ibu dan
janin...) dokter mengijinkan saya berpuasa (dan saya tetap berkerja dikantor
seperti biasa). Tapi saya sempet "kalah" 4 hari, karena saya ingin makan
siang yg jualannya hanya dihari Jum'at (padahal harusnya masa ngidam udah
lewat khan?, tapi entah itu maunya bayi atau maunya si ibu ....jadinya aku
nggak bisa full 1 bulan :((( Anehnya kenaikan berat badan sama seperti bulan
sebelumnya, nggak turun tuh BB-ku.

Lalu bulan Desember 2000, bulan ramadhan bertepatan dengan usia si kecil
Vidya 2 bulan (lahir Okt'00). Berkat restu dokter anak (dibekali dengan
Molloco) aku diijinkan puasa dan bisa full 1 bulan. BB Vidya juga naik
bagus(BB lahir=3,3 kg, BB 2 bln=6 kg) jadi akhir puasa atau usia bayi 3bln
BB=7kg. Si kecil ku ini sih emang gembul ... (sekarang 2 thn berat 17 kg -
sampe dokter nyuruh dia diet :((((
Keuntungan u/ ibu menyusui insyaa Allah bisa menurunkan BB, sebab dgn
kondisi yg sama spt dulu hamil & berpuasa (BBku naik), tapi saat aku
menyusui & puasa - justru BBku bisa turun.

Resepku untuk dapat melalui ibadah puasa dengan sukses dan iklas mendapatkan
RidhoNya yaitu:
1. Periksa dulu kondisi ibu Hamil dan si Bayi ke Dokter ybs
2. Punya keyakinan penuh dan niat yg iklas & tulus bahwa ibu ingin beribadah
dan mohon kepada Nya diberi bimbingan dan bantuan.
3. Dibekali Vitamin dan supplement yg tepat (mis. madu, molloco, enervon C
dll)
4. Pilihan menu Sahur, buka puasa dan makan malam yg tepat (mis. tdk banyak
pedas/santan untuk buka lebih baik juice buah yg segar)
5. Total minum air putih tetap diusahakan minimal 8 gelas (diatur mis. 2 gls
sebelum sahur, 2 gls sebelum imsak, 1 gls saat buka, 2 gls sesudah makan
makan malam &  1 gls sebelum tidur) karena bila kurang, dikawatirkan tubuh
akan mengalami dehidrasi apalagi u/ ibu menyusui sebaiknya lebih banyak
lagi.
6. Ada jarak setelah buka puasa dengan makan malam (jgn langsung makan
besar).
7. Khusus ibu menyusui tetap harus selalu menyusukan bayi secara rutin,
anytime bayi minta ASI kasih aja, yakin deh semakin diisap persediaan ASI
akan terisi kembali.
8. Mungkin ibu2 lain ada yg bisa menambahkan ....?

Semoga bermanfaat ...
Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan atau bila ada yg salah agar
dikoreksi.

Salam,
Mamanya Vinny & Vidya

Tien wrote :
Dear ibu Varen...

Aku juga dulu pernah mengalami bingung seperti ibu. Tapi akhirnya Aku
mantapkan niatku untuk memberikan ASI untuk anakku. Ntar kita bisa bayar
Vidia (cmiiw). InsayAllah Tuhan sudah berikan keringanan untuk ibu hamil dan
menyusui.

Segitu aja sharing dari Aku.

Tien "Ibunya Nisa"

Bunda Varen wrote:
Moms,
> Msh topik Puasa...tp kali ini krn aku sedang menyusui ASI Eksklusif utk
bayiku yg umurnya 2 bln...Gimana yah, apa boleh puasa atau sebaiknya jgn krn
menyusui?
> MOhon infonya ya Moms or Netters...Thx a lot.
>
> -Vesta-
> Bundanya Varen

>  Galuh Nawang Wulan wrote:
mo sharing ya bu waktu aku hamil taun kemaren
aku juga