Bundanya Niza,

Wah, jadwal-nya komplit sekali ya.
Kalo Tristan (akhir minggu ini umurnya 6 bulan, beratnya 7.8 kg), cuma saya
kasih makan bubur susu atau biskuit sehari sekali, ditambah dengan buah
sehari satu kali juga. Sebenernya sih saya mau kasih dia full ASI sampai 6
bulan, tapi semenjak saya masuk kerja, saya kesulitan untuk menyediakan
Tristan ASI untuk konsumsi 24 jam. Akhirnya Tristan cuma full ASI sampai 4
bulan saja.

Memang sih tiap dokter punya saran yang berbeda, tapi kebetulan 2 dokter
anak yg saya kunjungi punya prinsip yang sama, kalaupun mau memberi makanan
semi padat untuk anak 4 bulan, itu sifatnya hanya pengenalan saja. Makanya
saya hanya memberi makan sekali + buah sekali. Kalau saya paksa untuk makan
2 kali sehari, Tristan pasti mau, hanya saja konsumsi susu formula-nya pasti
berkurang.

Saya juga pernah mengalami kesulitan saat2 pertama Tristan makan. Waktu
minggu pertama, Tristan hampir selalu menangis kalau diberi makan. Setelah
beberapa hari, akhirnya saya liburkan makannya selama 2-3 hari. Saya tambah
porsi formulanya plus biskuit bayi (1 keping saya masukan di dalam
botolnya). Setelah itu saya coba lagi, sambil ganti posisi/gaya makannya,
dari digendong jadi duduk/disenderkan ke bantal. Ternyata berhasil, malah
Tristan bisa menghabiskan makanannya kurang dari 10 menit. Mungkin saja
masalahnya Manzila sama dengan Tristan.

Maaf bila ada yang tidak berkenan.

Regads,
Ria

Notice:  This e-mail and any attachments are confidential and may be subject to legal
or some other professional privilege.  They are intended solely for the attention and
use of the named addressee(s).  They must not be disclosed to any person without
authorisation.

This e-mail and any attachments are also subject to copyright.  They may only be
copied or distributed with the consent of the copyright owner.  If you are not a named
addressee you must not use, disclose, retain or reproduce all or any part of the
information contained in this e-mail or any attachments.

If you have received this email by mistake please notify the sender immediately by
return email and delete or destroy all copies of the email.  Any confidentiality,
privilege or copyright is not waived or lost because this email has been sent to you
by mistake.