Mamanya Vinny,

Di bawah ini saya forwardkan artikel dari klinik anakku yg mungkin
bermanfaat.

salam,

Taufan
----------------------------
eBook Perkembangan Otak Anak Batita
dan Stimulasi yang Diperlukan
http://www.balitacerdas.com
or send a blank mail to

http://www.anakku.net/tips/hib.html

Pentingnya Vaksinasi Hib dalam pencegahan Meningitis

Anak adalah kebanggaan setiap orang tua, sehingga orang tua akan berusaha
agar anaknya dapat tumbuh cerdas dan sehat. Banyak hal yang dapat dilakukan
oleh para orang tua untuk menunjang proses pertumbuhan dan perkembangan
tersebut. Salah satu yang penting ialah dengan melakukan imunisasi Hib.
Apa itu Hib ?
Hib merupakan kepanjangan dari Haemophyllus influenzae tipe b. Kuman ini
bukan suatu virus, tetapi merupakan bakteri. Bakteri Hib adalah bakteri
normal yang hidup di saluran pernafasan manusia. Sebagian besar orang yang
mengalami infeksi tidak harus menjadi sakit, tetapi ia tetap bisa menjadi
pembawa kuman, karena Hib akan menetap di tenggorokan orang yang terinfeksi.
Bakteri Hib termasuk bakteri yang ganas dan merupakan salah satu penyebab
tersering kesakitan dan kematian pada bayi dan anak berumur kurang dari 5
tahun. 400.000-700.000 anak per tahun meninggal karena penyakit yang
disebabkan oleh bakteri Hib. Dengan resiko tertinggi pada bayi usia 4 s/d 12
bulan. Penularannya dapat terjadi melalui droplet / percikan air liur dari
orang yang sakit.
Mengapa Haemophyllus influenzae tipe b dapat menjadi berbahaya bagi
anak-anak ?
Bakteri Hib ini bukan penyebab penyakit influensa atau flu, tetapi merupakan
bakteri yang dapat menimbulkan penyakit:
·       Meningitis/radang selaput otak. Di Indonesia, bakteri Hib ditemukan
sebanyak 33% diantara kasus meningitis. Dan 38% penyebab meningitis pada
bayi dan anak berumur kurang dari 5 tahun. Meningitis sangat berbahaya
sehingga bisa menimbulkan kerusakan otak yang menetap. Gejala-gejala
meningitis berupa demam, kaku daerah leher bagian belakang, penurunan
kesadaran, kejang. Resiko kematian akibat meningitis sangat besar.
·       Pneumonia/radang paru-paru. Gejala-gejala yang perlu diwaspadai adalah
batuk, demam tinggi, sesak nafas, nyeri dada.
·       Penyakit lain yang dapat terjadi adalah epiglotitis / infeksi pada katup
saluran pernafasan atas, artritis / radang sendi, selulitis / infeksi pada
kulit, perikarditis / infeksi selaput pembungkus jantung, osteomielitis /
infeksi pada jaringan tulang.
Pencegahannya
Pencegahan yang paling efektif adalah dengan memberikan vaksinasi. Di
Indonesia, vaksin konjugasi yang beredar adalah vaksin konjugasi dengan
toksoid tetanus yang disebut sebagai PRP-T, dan vaksin konjugasi dengan
membran protein luar dari Neisseria meningitidis yang disebut sebagai
PRP-OMP. Ternyata vaksin konjugasi ini sangat efektif dan aman, serta dapat
diberikan untuk anak di atas 2 bulan. Jadwal pemberian vaksin tersebut
adalah :
·       Pada bulan kedua, keempat, dan keenam untuk bayi usia dibawah 1 tahun.
·       Pada anak usia diatas 1 tahun, dapat diberikan satu atau dua kali
pemberian dengan interval satu bulan.
*dr.Martin Leman,  Scientific Dept, Klinik Anakku