Dear Netters dan Dokter,

Saya punya masalah dengan pencernaan anak saya, mungkin ada yang punya pengalaman
serupa, saya mohon sharingnya.

Audy (3 th) sekarang ini sedang diare (ringan), hasil dari pemerikasaan faeces-nya,
ada beberapa kuman yang membuat ususnya infeksi, sekarang ini dia sedang dalam
pengobatan dengan antibiotik. Menurut hasil Lab, dalam faeces-nya terdapat lemak,
sedangkan normalnya harusnya tidak. Faecesnya berwarna pucat (kuning keputih-putihan),
berbau sangat tidak enak (tidak normal) dan kadang berlendir (darah tdk ada). Yang
pernah saya baca, menurut ciri-ciri faecesnya, anak saya tidak bisa mencerna lemak.
Yang ingin saya tanyakan :

   Apakah kurang normalnya kerja ususnya dlm mencerna lemak berpengaruh terhadap
susahnya kenaikan berat badan anak saya ?? (BB sekarang 13,6 kg; Tinggi 94 cm).
   Apakah anak saya terancam kurang gizi karena ketidaksempurnaan ini ?
   Apakah pengobatan yang sesuai agar berat badan anak saya bisa naik ? (apakah ada
pengobatan “enzim” atau sejenisnya ??)
   Adakah obat atau ramuan tradisional untuk diare untuk anak yang manjur ??

Saya mohon sharingnya dari ibu atau bapak yang pernah mengalami / membaca / melihat
tentang penyakit ini. Terutama para dokter Gastro, mohon masukannya.

Mama Audy