From: Agung [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Wednesday, January 15, 2003 12:15 PM
To: Balita Anda
Subject: [balita-anda] Bayi kuning saat dilahirkan...berbahayakah ?

Rekan netters ysh,

Seminggu yang lalu istri saya melahirkan putra kami yang ke-2...melalui operasi caesar
Operasi caesar dilakukan karena kepala janin tidak mau masuk ke jalan lahir,
sedangkan air ketuban sudah tinggal sedikit dan mulai terjadi pengapuran
oleh Dokter istri saya disarankan untuk segera operasi
sehingga dengan berat kamipun memutuskan untuk melakukan operasi caesar.

Proses Operasi berjalan lancar dan kondisi ibu & bayi dalam keadaan selamat
saat itu saya melihat kondisi bayi normal, sehat dan tidak kurang suatu apapun
dan ini dikuatkan pula oleh DSA yang memeriksanya, katanya kondisi bayi sehat
selama di RS Bersalin, semua berjalan normal...tak kurang suatu apapun

Alangkah terkejutnya saya, ketika kami akan meninggalkan RS
kami diberitahu oleh suster perawat akan kondisi anak kami
katanya anak kami berwarna "Kuning" saat dilahirkan, sehingga harus diberi "Penerangan"
dan seharusnya tidak boleh tidur di kamar ibunya karena harus diberi "penerangan"
saya tidak tahu apa maksud "penerangan" ini, tapi dlm bayangan saya adalah Inkubator
kemudian oleh suster kami diberi obat utk bayi saya
saat itu saya segera mencari DSA di RS tersebut, sayang tidak ketemu

Akhirnya kami pulang kerumah dengan hati yang risau tentunya
kenapa kami tidak diberi tahu sebelumnya ? ada apa dengan anak kami ?
gimana selanjutnya ? itulah pertanyaan yang ada di benak kami
keesokan harinya kami segera membawa anak kami ke DSA-nya
dan DSA-nya bilang tidak apa-apa pak, biasa bayi berwarna kuning saat dilahirkan

Yang ingin saya tanyakan,
1. Apakah benar semua bayi berwarna kuning saat dilahirkan ?
2. Kalo benar, bagaimanakah membedakan warna kuning yang berbahaya dan tidak berbahaya
?
3. Sebenarnya apa yang menyebabkan warna kuning pada bayi yang baru lahir ?

Terimakasih dan minta maaf kalo sebelumnya pernah dibahas.

salam,
agung h