Pak Edi,
Ada baiknya dilihat apakah putra bapak masih mau makan?  Kalau masih mau
makan, dan tubuhnya tidak tampak lemas sekali, kemungkinan sih bukan DB,
tetapi demam karena masuk angin (main di kolam renang terlalu lama) atau
karena infeksi (mungkin terminum air kolam renang?).  Kalau diberi obat
demam tidak mau turun, coba beli dulu antibiotik di apotik.  Kalau saya
biasanya pakai Erythrocyn 125mg, minta apoteknya langsung untuk mencampur
dengan air agar menjadi larutan 60ml (antibiotiknya berupa serbuk dalam
botol).  Takaran minumnya 50mcg atau lebih per kg berat badan (di botolnya
ada aturan pakainya).  Pokoknya untuk anak seumur putra bapak, biasanya
sudah takarannya 1 sendok teh (5ml) sehari 3x atau 4x.  Minta sendok
takarannya ke apoteknya.  Erythrocyn rasanya pisang, jadi anak2 pasti suka.
Coba dulu deh Pak.  Tapi juga tidak ada salahnya sekalian periksa darah
untuk antisipasi segala kemungkinan yang tidak diinginkan, walaupun menurut
perkiraan saya tampaknya bukan.  Semoga si kecil cepat sembuh dan sehat
kembali ya Pak.

Oya, trus ada baiknya anak kecil tidak dibiarkan berada di udara terbuka
mulai menjelang maghrib (sekitar jam 17.30 ke atas), ini orangtua banyak
yang menganjurkan.  Dan jangan membiarkan anak terlalu gembira (excited)
sampai sore hari, jadi kalau mau bergembira (gembira yang sampai excited) ya
sampai sekitar jam 4 sore aja.  Sebab seringkali kalau anak terlalu excited
sampai sore, malamnya suka rewel atau ngelindur.

Salam,
Holiwati