----- Original Message -----
From: "Lilis Suryawati" <[EMAIL PROTECTED]>
> Sebaiknya jangan dikasih gula, soalnya LLM itu khan susu free lactosa
(bebas
> gula), kok dr. malah saranin kasih gula yach, saya jadi heran...

Mbak Lilis, sebelumnya CMIIW ya rekans semua,
Setahuku aku gula dalam pemakaian sehari-hari adalah dalam
btk sukrosa, nah kalo' yang ini pencernaan bayi pun sudah mampu
mencernanya dengan baik. Gula terkandung dalam susu berupa
laktosa, perlu enzim khusus untuk mencernanya, dan pencernaan
bayi belum sempurna sehingga untuk mencernanya menjadi glukosa
berusaha ekstra keras.
Hal ini menyebabkan munculnya istilah "laktosa intolerans" untuk
orang baik orang dewasa maupun bayi yang tidak memiliki
kemampuan untuk mencerna laktosa. Pada saat pencernaan
bermasalah maka dianjurkan untuk menggunakan susu FL
(free lactose) atau LL (low lactose), agar pencernaan tidak bekerja
terlalu berat.

Kalo' pendapat saya soal gula mendingan dikasih ke tehnya,
untuk sumber energi bagi si bayi. Sukrosa gampang dicerna
sehingga dapat menjadi tambahan energi agar si kecil, daya
tahan tubuh lebih kuat.

Mohon dikoreksi ya rekans kalo' ada yang salah.

Alia