Pak Ali,
Sekedar sharing saja .....
Sebulan yg lalu bayi saya (9 bulan) terkena diare berat ..
Trus diberi obat antibiotik oleh DSA karena dalam analisa lab faecesnya
ditemukan bakteri dan amuba.
Susunya harus diganti dgn susu Free Lactose ...
Dokter juga memberikan pedialyte sebagai pengganti air untuk campuran susu.
Baca saja di botol kemasan nya ... bahwa cairan ini adalah sebagai pengganti
electrolit yg hilang karena diare (seperti oralit / pocari sweat).
Hanya saja setelah kemasan botol pedialyte yg telah dibuka ... harus
dihabiskan dalam jangka waktu maksimal 24 jam.
Logikanya pasti habis sih dalam 24 jam... karena dipakai untuk campuran
susu, dan obat racikan dokter.
Saran saya .... habiskan saja pedialyte tsb .. karena efeknya tidak ada
karena sifatnya menambah cairan tubuh.

Tentang Susu Free Lactose (FL) sudah seringkali dibahas dalam milis ini ...
Thanks untuk Ibu Dini Rianti yg mau sharing dgn saya.
DSA saya bilang kalo si kecil diare lebih baik susunya diganti dgn yg FL,
karena pada saat diare .. tubuh tidak memproduksi enzim lactase yg
seharusnya bertugas mencerna lactosa. Saya kutip juga dari emailnya Ibu Alia
Nur Fitri ... dibawah ini ...
Gula terkandung dalam susu berupa laktosa, perlu enzim khusus untuk
mencernanya, dan pencernaan bayi belum sempurna sehingga untuk mencernanya
menjadi glukosa berusaha ekstra keras. Hal ini menyebabkan munculnya istilah
"laktosa intolerans" untuk orang baik orang dewasa maupun bayi yang tidak
memiliki
kemampuan untuk mencerna laktosa. Pada saat pencernaan bermasalah maka
dianjurkan untuk menggunakan susu FL (free lactose) atau LL (low lactose),
agar pencernaan tidak bekerja terlalu berat.

DSA saya juga memberikan Lacto-B1 .. yg fungsinya mengaktifkan kembali enzim
Lactose ini.

Seminggu lalu saya ke Hero Kalibata ...
ternyata sekarang sudah banyak pabrik susu merek terkenal yg membuat Susu FL
atau Susu Kedelai seperti :

Susu kedelai (Soya) :
- Nutrilon Soya
- Isomil