Mbak Severa,

Aku sendiri (26 thn) mempunyai masalah yang sama dengan keponakan mbak,
tulang punggung ku letter S (istilah kedokteran-nya Scholiosis). Tulang
punggung ku baru keliatan letter S pada waktu aku SMP (12 tahun) itupun pada
saat aku renang ibu ku memperhatikan kalau ada yang aneh di punggungku dan
langsung saat itu juga di bawa ke Dr spesialis  tulang belakang (Subroto
Supardan). Karena derajat kemiringan tulang punggung ku tidak lebih dari 30
derajat, maka dokter menyarankan supaya aku memakai "baju besi"  (baju
tersebut terbuat dari besi dan gypsum yang membentuk badan) dimana baju itu
harus di pake 24 jam (kecuali kalau mandi). Tujuannya adalah karena saat itu
masih masa petumbuhan, maka apabila aku rajin mamakai "baju besi" tsb  maka
tulang ku bisa lurus. (tapi tidak bisa menjadi 0 derajat seperti orang2x
normal). Menurut dokter, penyakit scholiosis ini biasa diderita oleh anak
perempuan dan sampai saat ini tidak diketahui penyebabnya.
Sampai saat ini, saya tidak lagi memakai "baju besi" karena saya tidak
berada dalam fase pertumbuhan lagi, dan dokter menyarankan saya supaya
menjaga agar derajat kebengkokan tulang punggungku tidak bertambah dengan
rajin mengikuti terapi dan tidak mengankat barang2x berat.
Saya menyarankan agar keponakan mbak Severa segera ditangani oleh spesialis
yang handal (Sbg referensi, Subroto Spardan adalah dokter spesialis tulang
khusus mengenai tulang belakang dan dia sangat terkenal di Asia Tenggara -
bahkan orang2x di Singapore juga menggunakan keahlian beliau). Karena utk
usia seperti keponakan mbak, masih ada kemungkinan untuk sembuh, jgn sampai
terlambat karena akan menyesal seumur hidup. Kebengkokan tulang yang semakin
besar akan mengakibatkan berbagai penyakit lainnya.
Saya dulu juga sudah mencoba berbagai pengobatan alternatif tapi tidak
berhasil. Mudah2x an sin she yang mbak maksud bisa mengobati keponakan mbak.
Demikian sharing saya, semoga bermanfaat.