Moms and Dads,

Kita sebagai pemakai jasa BS/PRT memang harus bener-bener peka denngan
perubahan sikap anak kita, terutama kalo kita ibu yang bekerja. Kejadian
hampir serupa juga pernah terjadi pada keluarga kakak saya, untungnya tidak
sekejam si Yayuk ini. Tapi meski begitu, keponakan saya ini sudah
menunjukkan perubahan sikap, seperti halnya Jessy, begitu mamanya pulang dia
tidak mau melakukan apapun dengan BSnya, dia maunya nempel terus dengan
mamanya, sampai mamanya tidak diperbolehkan makan, mandi, dsb (waktu itu
usianya 1,5 th  lebih). Kalau sedang main-main sama-sama dia dan abangnya
(waktu itu berumur 2,5 tahun) sering bilang "mba ahat".. dan mamanya,
seperti halnya mamanya Jessy tidak berpikir negatif, malah menasehati
anaknya supaya tidak bicara begitu. Tapi trus mama saya, kalau sedang
nemenin keponakan saya itu, belakangan penasaran dengan perubahan sikap si
kecil ini, dan pengen tahu kenapa si kecil ini jadi sangat rewel dan cengeng
kalau udah ada mamanya. Setelah diperhatiin sama mama saya, si kecil ini
sepertinya sering seperti ketakutan atau kaget kalau sedang tidur trus ada
orang yang masuk ke kamar, nah dari situ mama saya interogasi BS satunya (yg
selama ini juga disuruh tutup mulut) tentang kelakuan BSnya, barulah dia mau
ngaku kalau memang si kecil ini sering dimarahin sama BSnya, karena sama
dengan Jessy kalau makan suka lama ditelennya trus suka muntah atau ngompol
dimana-mana, kadang-kadang suka ditarik ke kamar mandi, diguyur air dingin.
Lalu kita iseng-iseng nanya sama abang si kecil (yang umur 2,5 thn itu) dan
sama si kecil itu sendiri (untungnya sudah pada pinter ngomong). Kita tanya,
mba pernah mukul adek nggak, dia bilang iya, lalu dengan lancar keluarlah
semua cerita tentang kelakuan si BS dari mulut si abang dan si kecil. Kami
tahu banget kalau anak-anak ini nggak bohong (karena memang sebelumnya
mereka nggak pernah ngomong yang buruk soal BS-BS sebelumnya), kalau ditanya
mukul apa nggak, kalau nggak pasti mereka jawab nggak.
Dengan konfirmasi spt itu, kita langsung pecat BSnya... dan ganti BS yang
baru. Untung dapat yang baik dan sayang sama si kecil sampai-sampai meski
mamanya udah pulang si kecil nggak keberatan untuk tetap main sama mba nya
malah kadang-kadang maunya sama si mba.

Pokoknya, waspada deh, kalau udah ada perubahan sikap dari anak, mendingan
cepet-cepet ganti BS sebelum anak kita jadi stress dan tekanan batin (kasian
kan mereka belum bisa menghandle stress mereka).

Gitu aja share dari saya, semoga bermanfaat.

Mamanya Yeremia