saya juga punya pengalaman nih...
anak saya sekarang umurnya 13 bulan....udah hampir 3 minggu ini makannya
agak susah...sama seperti mba'2 laennya...suka dilepeh...dia itu kalau lihat
sendok&piring makan yang biasa dia pakai langsung "bete" tapi kalau saya &
papanya makan, pasti mau makan dengan cara disuapin ama kita....saya juga
udah berusaha "mem-variasikan" makanannya...dari mulai pasta, kentang, nasi,
deelel...tapi ngga banyak juga makannya.... tapi baru2 ini saya tahu
penyebabnya...ternyata dia itu pengen makan bareng kita (ortunya) dan
kadang2 pengen juga ngerasain "menu ortunya" ( saya berikan dalam jumlah
sedikit & asal tidak spicy, yang penting dia ikut ngerasain)...saya pernah
baca artikel ini di Edisi Spesial Ayahbunda mengenai makanan
bayi&balita...memang umur 1 tahunan bayi sudah mulai ingin mencoba sesuatu
yang baru & dia sudah bisa "meyeleksi" makanan yang dia suka...(udah mulai
pilih2)...mungkin selama ini dia bosan dengan pola makannya selama ini...dan
dia juga bisa menahan rasa laparnya...dia akan tertarik makan apabila
aktivitas makan itu juga menarik buat dia
jadi saya menyiasatinya begini, karena saya bekerja, saya hanya bisa makan
bareng anak saya kalau malam, jadi kalau malam saya buatkan menu special
buat dia biar dia makan juga bareng saya, misalnya kentang rebus yang
dicampur keju&brocolly kemudian dikukus, kentang goreng ( digoreng dgn
minyak jagung), havermut, roti, kue,deelel,...kalo menu kita bisa diberikan
ke dia, ga apa2 diberikan dalam jumlah yang sedikit....kalo saya kerja,
sebagian makanannya diberikan langsung ( karena dia sekarang senang makan
sendiri, walaupun jadinya berantakan tapi banyak juga yang masuk) dan
sebagian lagi kita suapin...karena setelah dia makan sendiri, malah gampang
disuapinnya......
oya..saat ini anak saya udah mulai makan nasi&saya beri kuah sayur...saya
juga udah berikan menu2 seperti yangkita makan asal dimasaknya tidak pakai
penyedap&terlalu banyak bumbu terutama merica...giginya udah 8....gitu deh
pengalaman saya...mudah2an berguna ya...sorry kalo kepanjangan nih
sharing-nya....