From: Taufan Surana [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Friday, December 21, 2001 1:07 PM
To: [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] bayi 'ngenyot' tangan

Halo,

Masalah ini bbrp waktu yll pernah didiskusikan juga.
Waktu itu saya juga ikutan sharing. Saya kirimkan lagi aja
sharing saya waktu itu ya...

Menghisap jari ini adalah salah satu kebutuhan bayi untuk
mencari 'ketenangan emosi' pada dirinya. Artinya, kita tidak
boleh terlalu/asal melarang bayi untuk menghisap jari.
Para ahli perkembangan anak justru menganjurkan bayi diberi
kesempatan utk menghisap jari (dalam arti tangan tidak
dibungkus sarung tangan, apalagi diplester), atau diberi empeng.

Cara mengatasi hal ini, sesuai dg sifat alaminya bahwa bayi
melakukan ini karena utk menenangkan dirinya, kita harus
mencari tahu hal-hal apa yg membuat bayi tsb merasa tidak
tenang. Apakah lapar, perasaan tidak enak, dsb.
Kmd, kita harus selalu menjaga supaya tangannya selalu
bersih, shg tidak menyebabkan sakit.

Dengan mengajak bermain biasanya dia tidak akan
menghisap jari. Jadi, jangan cuma dilarang dg menarik
tangannya kmd kita diam saja.

Saya sendiri tidak pernah menghalangi anak kedua saya (Afina)
untuk menghisap jari. Pada usia sekitar 4 bulanan memang sering
mengisap jari. Bahkan, kalau dia kesulitan utk memasukkan jarinya,
justru kami bantu memasukkannya. Sekarang, pada usia 1 tahun,
Afina tidak pernah lagi mengisap jari. Pengalaman anak saya yg
pertama (Rihan) dulu, diapun selalu saya beri kesempatan utk
menghisap jarinya. Hal ini tidak berlangsung lama. Kalau kita bisa
selalu melihat kondisi emosi bayi kita, pada usia tertentu kebiasaan
ini akan hilang sendiri.

Kita perlu mengkhawatirkan masalah menghisap jari ini jika pada
usia yg sudah agak besar anak kita masih suka menghisap jari.
Jadi, bayi yg suka memasukkan jarinya ke mulut itu bukanlah
perbuatan iseng si bayi tetapi mempunyai maksud tertentu yg
kita perlu mengetahuinya.

Jika kita tidak mau tahu ttg emosi anak tsb, kebiasaan mengisap
jari ini akan bisa berlanjut terus, krn hal itulah yg menjadi
satu-satunya cara yg dia tahu utk menenangkan emosinya.
Takutnya, EQ-nya tidak berkembang dg baik.

Itu yg saya tahu, kalau ada yg salah tolong dikoreksi.

Semoga bermanfaat.

Taufan Surana
eBook Perkembangan Otak Anak Batita
dan Stimulasi yang Diperlukan