sekedar tambahan,
berbagai pengalaman juga.

anak saya, 4,5 th, bulan januari juga test mantux.
ini setelah diperiksakan ke dokter anak, dan dilakukan test tsb.
alasan dibawa ke dokter waktu itu adalah karena berat badannya yg kurang.
umur 4,5 tahun tapi berat badannya hanya 15-16 kg.
sebagai tambahan, anak tsb, alhamdulillah, jarang sakit, dan termasuk
aktif. namun tidak/jarang sekali batuk.
sbg informasi, ukuran balita ideal adalah rumus:
2n+8 dimana n=umur.
jadi seharusnya anak umur 5 th, BB nya adalah 2X5+8 = 18 kg.

krn BB anak saya kurang
akhirnya, dilakukan test mantux, rontgen, dan test darah.
hasilnya adalah positif, ada flex di paru. alhamdulillah, masih awal
dan kata dokter baru kena kira2 2-3 mingguan.
dan skr sdg dlm pengobatan selama 6 bulan full.
dlm 2 bln pertama, dg obar puyer.namun bulan2 selanjutnya hanya
2 jenis setiap hari ( sayangnya, saya lupa namanya, pake thyn2 gitu).

penyebab flex ini ( kl gak salah flex untuk anak kecil, sdg
TBC untuk org dewasa (?))
adalah menular melalui udara dr org dewasa.anak kecil, walau sakit
tidak akan menularkan ke sesama mrk.
sampe skr juga saya masih belum berhasil menemukan sebab2/siapa
yg menulari, mengingat saya dan istri dlm kondisi sehat.
sedang dirumah hanya ada kami dan pembantu yg sudah ikut sejak anak
ini usia 1 th, (sdg mulai kena sekitar baru 2-3 minggu).

usia anak untuk kena penyakit ini beragam.

ketika kami rutin cek ke dokter tsb, sempat ngobrol ke ibu2 yg
juga sedang beli obat yg sama, dia bilang jangka pengobatan
anaknya 9 bln.usia anak tsb 9 bulan, jadi mungkin usia 7-8 bln
kenanya.

sedang anak teman yg satunya, kena ketika umur 5-6 bulan.

hasil test mantox ini dilihat setelah 2X24 jam, dg tanda
bekas suntikannya menjadi timbul ( spt kena serangga)
dg lebar kira2 2X2 cm.

demikian, maaf jika ada istilah yg salah
dr ayah raudya shafa.

btw, dimana kira2 bisa membeli buku2 time life dr tiga raksa ?
atau ada yg sudah tidak dipake dan mau dijual ? :)