Rekan milis,

Mohon sharingnya dong...
Anakku (Rio/cowok) 3,3 tahun pagi tadi aku lihat tepat dibawah kupingnya
bengkak.  Bengkaknya cukup keras dan saat kutanya ke anakku sakit atau
tidak, dia menjawab tidak sakit.  Bengkaknya ini agak berbeda dengan bengkak
karena gondongan.  Aku sudah check ke dalam mulutnyapun tidak ada masalah.
Hanya saja 2 hari ini mulutnya cukup berbau kurang enak.  Dulu saat anakku
usia 2 tahunan pernah kena gondongan.  Aku sudah bawa ke DSA.  Memang sejak
kecil anakku nggak pernah aku imunisasi MMR, karena aku khawatir kena
autisme.  Saat ke DSA aku tanya apa masih perlu diimunisasi setelah kena
gondongan.  DSA menjawab tidak perlu lagi.

Mohon masukan dong dari Bapak dan Ibu semua, apakah penyakit gondongan bisa
berulang kembali setelah anak pernah mengalaminya.  Kalau bukan karena
gondongan (karena memang agak berbeda bengkaknya), maka bengkak di bawah
telinga anakku karena apa yah?

Terima kasih atas masukannya.

Mamanya RIO