Mbak Tatiek, sebetulnya, menurut info dari buku yg saya baca, setiap bayi
punya masa sendiri-sendiri. Misalnya bisa saja anak saya (18 bulan ) bisa
jalan sebelum umurnya genap 11 bulan (tanpa baby walker dan tanpa dititah)
tapi sampai sekarang giginya baru 8. Tetapi ada juga yg baru bisa jalan umur
16 bulan tapi giginya sudah hampir 20.
Sebagai orang tua kita wajib membantu perkembangan anak kita, tetapi tidak
memaksa. Salah satu contoh, kalau memang belum merangkak, coba diposisikan
tengkurap kemudian di depannya diberi mainan yg disuka bayi supaya bayi
tertarik untuk maju merangkak. Kalau tidak mau merangkak ya..mungkin fase
merangkak tidak dilewati (seperti ponakan saya). Saya punya keponakan yg
tidak pakai merangkak.
Sementara untuk melatih kakinya, biasanya bayi suka diposisikan berdiri bila
dipangku. Pada posisi seperti itu pada umumnya bayi akan
menghentak-hentakkan kakinya di pangkuan. Kemarin saya baca, ada anak umur 7
bulan sudah mau dititah, sangdokter beropini selama hal itu tidak membuat
sang anak terpaaksa melakukan maka orang tua dapat meluluskan pemintaan
anak. Sedangkan kalau menurut saya, saya lho mbak yg belum banyak pengalaman
ini, dengan baby walker seolah-olah bayi "dipaksa dan terpaksa" menggerakkan
kakinya yg belum siap untuk melangkah atau menjejakkan kaki.

Anyway, itu semua hanya tulisan dan pendapat saya dari sekian banyak buku
dan artikel saya yg saya baca, semoga bermanfaat.

Rina Rinso-bundanya Nadya