mbak, ini namanya stranger anxiety...
dimuali sejak anak usia 6 bulan.. dan rata2 puncaknya saat 12 - 15 bulan...

jadi ini sangat normal dialami oleh semua bayi......

----- Original Message ----- From: "Ummu Auliya" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Monday, December 19, 2005 2:55 PM
Subject: Re: [balita-anda] Anak takut sama orang baru ??

kata ibu saya, dulu saya juga begitu...
tips ibu saya dulu, kalau ada orang baru, minta dia pura2 tidak
memperhatikan anak kita. jangan datang langsung megang atau nyapa. biarkan
saja dulu. kalau bisa melakukan sesuatu yang menarik perhatiannya. misalnya
makan makanan kesukaannya, membawa barang dengan warna cerah yang dia suka,
atau apa pun juga. nanti katanya menurut pengalaman ibu saya sih, anaknya
akan mendekat dengan sendirinya, tanpa nangis! hehehe